Apa yang dimaksud Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here?

Apa yang dimaksud Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here?

Strategi belajar aktif merupakan cara guru untuk membuat siswa menjadi aktif pada saat proses pembelajaran. Ada tipe strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, apa yang dimaksud Everyone is a Teacher Here ?

Everyone is a Teacher Here adalah salah satu teknik intruksional dari belajar aktif yang termasuk dalam bagian pembelajaran dengan rekan sebaya. Tipe ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertindak sebagai guru bagi siswa lainnya. Ini sesuai yang dikatakan Silberman bahwa sebagian pakar percaya bahwa sebiah mata pelajaran baru benar-benar dikuasai ketika si pembelajar mampu mengajarkan kepada orang lain.

Menurut Suprijono, Everyone is a Teacher Here merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara indivual. Strategi ini memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya.

Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here

Adapun langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Bagikan kartu indeks kepada peserta didik. Perintahlah peserta didik untuk menuliskan pertanyan tentang materi belajar yang tengah dipelajari atau topik khusus yang ingin didiskusikan di kelas.

  2. Kumpulkan kartu, kemudian kocoklah, dan bagikan satu-satu kepada siswa. Perintahlah peserta didik untuk membaca dalam hati pertanyaan atau topik pada kartu yang mereka terima dan pikirkan jawabannya.

  3. Tunjuklah beberapa peserta didik untuk membaca kartu yang mereka dapatkan dan memberikan jawabannya.

  4. Setelah memberikan jawaban, perintahkan peserta didik lain untuk untuk memberikan tambahan atas apa yang dikemukakan oleh peserta didik yang membaca kartu itu.

  5. Lanjutkan prosedur ini bila waktunya memungkinkan.

Kelebihan Pembelajaran Strategi Everyone is a Teacher Here

Setiap pembelajaran pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Adapaun kelebihan strategi ini antara lain sebagai berikut:

  1. Peserta didik diajak untuk dapat menerangkan kepada peserta didik yang lain;

  2. Dapat mengeluarkan ide-ide yang ada dipikirannya sehingga dapat memahami materi;

  3. Melatih peserta didik untuk meningkatkan kemampuan saling bertukar pendapat secara obyektif, rasional guna menemukan suatu kebenaran;

  4. Mendorong tumbuhnya keberanian mengutarakan pendapat peserta didik secara terbuka;

  5. Memperluas wawasan peserta didik melalui kegiatan saling bertukar informasi, pendapat, dan pengalaman antar mereka.

Kekurangan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here

  1. Memerlukan banyak waktu

  2. Peserta didik merasa takut apabila guru kurang mendorong peserta didik untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang.

  3. Adanya pendapat yang sama sehingga hanya sebagian saja yang tampil.