Apa yang dimaksud sholat Taubat?

Sholat Taubat

Sholat adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslim yang sudah mukallaf dan harus dikerjakan baik bagi mukimin maupun dalam perjalanan. Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Selain shalat wajib, juga ada shalat sunnah. Apa yang dimaksud sholat Taubat ?

Sholat taubat adalah cara untuk meraih salah satu amal yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah, yaitu taubat nasuha. Taubat adalah sikap menerima setiap kesalahan yang kita lakukan dan menyesalinya, serta berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.

Sholat taubat nasuha ini dilakukan oleh seorang muslim yang telah mengakui kesalahan-kesalahannya kepada Allah, dosa yang dimaksudkan disini adalah dosa besar sehingga seoarang muslim tersebut harus melakukan sholat taubat nasuha untuk memohon ampunan kepada Allah kemudian ia harus berjanji bahwa ia tidak akan melakukannya lagi setelah sholat tersebut dilakukan.

Adapun kesalahan yang dikategorikan sebagai dosa besar tersebut antara lain: berzina, syirik, membunuh, durhaka kepada orang tua, musrik, memakan harta anak yatim atau piatu, korupsi dan masih ada lagi.

Tentunya dengan dikategorikannya dosa-dosa besar ini supaya kita umat muslim senantiasa berhati-hati dan juga menyadari ketika telah melakukan dosa tersebut agar cepat bertaubat yaitu dengan melakukan sholat taubat nasuha.

Sholat taubat ini dilakukan sebanyak 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat. Kita dianjurkan untuk melakukan sholat taubat ini pada malam hari, lebih baik jika setelah sholat Isya sehingga sholat taubat akan lebih khusyuk ketika dilakukan dalam keadaan tenang.

Namun jika kita ingin segera melakukannya tidak apa-apa jika dilaksanakan pada pagi, siang atau pun sore jadi tidak ada ketentuan harus malam hari. Karena taubat itu semakin cepat dilakukan maka akan semakin baik. Dengan catatan kita juga harus tahu kapan kita tidak diperbolehkan untuk melakukan sholat sunnah.

Tata cara melakukan sholat taubat adalah sebagai berikut :

  • Membaca niat

    Niat shalat taubat “USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR ”.

    Artinya: “Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Alloh Maha Besar ”.

  • Membaca surat Al-fatihah

    Setelah membaca niat, lanjutkan dengan takbir dan kemudian membaca surat Al-fatihah.

  • Membaca surat pendek

    Kemudian baca surat pendek setelah selesai membaca surat Al-fatihah. Pada rekaat pertama dianjurkan membaca surat al-kafiruun, dan pada rekaat kedua membaca surat al-Ikhlas.

  • Salam

    Pengerjaannya sama seperti sholat pada umumnya, yaitu ada i’tidal, ruku’, dan sujud dan salam. Setelah selesai melakukan sholat taubat nasuha pastikan duduk dengan tenang, kemudian berdzikir dengan membaca tahlil. Tahmid, dan istigfar. Pastikan untuk memperbanyak bacaan istighfar sebagai bentuk permohonan ampun kita kepada Allah.

  • Doa shalat taubat

    Setelah selesai berdzikir dan beristigfar dan mengakui segala dosa-dosa kita, maka lanjutkanlah dengan membaca doa taubat nasuha, doa taubat nasuha disini bebas, bebas dalam arti kita diperkenankan untuk menggunakan bahasa indonesia atau bahasa yang lainnya.

Referensi :