Apa yang dimaksud Psikologi Remaja?

psikologi remaja

World Health Organization (WHO) membagi pemahaman tentang makna remaja dalam tiga aspek, meliputi pandangan melalui sisi biologis (fisik), psikologis dan aspek ekonomi. Berikut penjelasannya :

  • Aspek Biologis, remaja adalah mereka yang secara fisik mulai menunjukkan kematangan seksual (pubertas). Contohnya payudara yang tumbuh pada perempuan, tumbuhnya rambut di ketiak dan pubis.

  • Aspek Psikologis, remaja adalah mereka yang secara individu mengalami perkembangan dalam pola identifikasi dari anak menuju dewasa. (Baca juga : Psikologi Keluarga)

  • Aspek Ekonomi, remaja adalah mereka yang mengalami peralihan dari sebelumnya bergantung menjadi keadaan yang cenderung lebih mandiri.

Psikologi remaja merupakan satu dari cabang-cabang psikologi yang khusus membahas fase remaja manusia. Sebuah masa peralihan kanak-kanak menuju fase dewasa.

Sri Rumini bersama ahli ilmu psikologi lainnya, mendefinisikan bahwa masa remaja adalah masa dimana terjadi perkembangan secara psikologi. Dimana perkembangan ini mengacu pada aspek kejiwaan (emosi, mental, moral dan kemauan).