Apa yang dimaksud penelitian terhadap pengguna atau customer research ?

Dengan melakukan Customer Research atau Market Research kita dapat mengetahui keadaan target pasar dan juga tanggapan dari target konsumen yang akan disasar.

Apa yang dimaksud penelitian terhadap pengguna atau customer research ?

Pada dasarnya customer research atau penelitian pada pengguna produk adalah penelitian yang dilakukan agar manajer produk dapat memahami lebih detail dan mendalam terkait dengan kebutuhan pengguna dalam rangka membuat produk yang diinginkan oleh pengguna.

Berikut gambaran secara umum terkait dengan customer research.

Adapun tujuan umum melakukan Customer Research di fase awal pengembangan atau pembuatan produk adalah :

  1. Melakukan konfirmasi apakah kita mempunyai masalah yang cukup berharga untuk diselesaikan sebelum melakukan investasi dalam membuat dan memasarkan sebuah produk yang tidak diinginkan. Untuk mencapai hal tersebut, memerlukan:
  • Hipotesa awal dan memvalidasi hipotesa terkait kebutuhan pengguna yang tidak terpuaskan (unmet customer needs)
  • Pemahaman terkait proses pembelian (buying process) dan cara menghilangkan rintangan
  • Membuktikan bahwa target pasar yang dituju cukup besar sebagai jaminan dalam pengembangan produk.
  1. Mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait solusi-solusi yang potensial.

Oleh karena itu, kunci utama dari customer research adalah bagaimana kita dapat mengetahui permasalahan yang diderita oleh pengguna dan memberikan solusi-solusi terkait kebutuhan pengguna yang belum terpuaskan (unmet needs). Adapun Dimensi Kebutuhan Pengguna yang Tidak Terpuaskan antara lain :

  • Meningkatkan Oportuniti : Seberapa besar gap antara performansi produk yang optimal dan performansi dari solusi yang ada saat ini ?

  • Kepentingan : Seberharga apa kebutuhan tersebut terhadap pengguna? Kebutuhan fungsional atau non-fungsional.

  • Maksud dan Tujuan : Apakah kebutuhan tersebut bermanfaat (utilitarian) (misalnya, menyelesaikan masalah-masalah nyata) atau bersifat aspiratif (aspirational) (misalnya, kebutuhan berdasarkan keinginan semata)?

  • Kesadaran (Awareness) : Apakah kebutuhan tersebut nyata terlihat oleh pengguna atau pengguna tidak mengetahui kebutuhannya sehingga perlu untuk dilakukan edukasi yang membutuhkan biaya ?
    Contoh produk yang pengguna tidak mengetahui kebutuhan awal: Post-It Notes; Roller Blades, shower gel, iPod dan masih banyak lagi.

Customer research, atau biasanya disebut juga market research, adalah tool bisnis yang dapat membantu researcher untuk memahami pelanggan dan mengetahui apa yang membuat pelanggan termotivasi. Dengan customer research kita dapat mengidentifikasi perilaku pelanggan, psikologi pelanggan, dan pola pelanggan dalam membeli suatu barang/jasa. Informasi-informasi yang didapatkan dari customer research dapat digunakan untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menentukan strategi pemasaran, dan kampanye iklan yang dapat meningkatkan penjualan dan profit.