Apa yang dimaksud obat simethicone ?

Simethicone

Simethicone merupakan obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala-gejala yang timbul akibat produksi gas berlebih di dalam usus, seperti perut kembung, bersendawa terus-menerus, beserta rasa tidak nyaman atau nyeri di dalam perut.

Apa yang dimaksud obat simethicone ?

Simethicone merupakan obat golongan antiflatulen. Obat yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter ini bekerja dengan cara membantu memecah gelembung-gelembung gas yang ada di dalam usus.

Efek samping dari obat ini

Sama seperti obat-obat lain, simethicone juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi obat ini, antara lain:

  • Pusing
  • Konstripasi

Meskipun jarang menyebabkan efek samping serius, sebaiknya Anda segera temui dokter apabila merasakan gejala alergi berat setelah mengonsumsi simethicone, seperti:

  1. Pusing yang tidak tertahankan
  2. Ruam, bengkak, gatal pada bagian lidah, tenggorokan, dan wajah
  3. Sesak napas

Dosis Simethicone Yang Tepat

Bentuk obat Dosis
Tablet atau kapsul yang ditelan 60-125 mg empat kali sehari setelah makan
Tablet kunyah 40-125 mg empat kali sehari setelah makan
Cair 40-95 mg empat kali sehari setelah makan

Cara Menggunakan yang benar
Ikuti anjuran dokter atau baca informasi yang tertera pada kemasan simethicone sebelum mulai mengonsumsinya, mengingat obat ini juga dijual bebas di pasaran.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi simethicone pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi simethicone, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis simethicone pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Sumber : simethicone

obat Simethicone

Simethicone merupakan zat yang efektif untuk meredakan gas pada lambung. Cara kerja simethicone adalah memecah gelembung-gelembung gas yang ada di dalam lambung. Dengan adanya simethicone ini, maka rasa kembung dan mual dapat diatasi dengan efektif.

Simethicone merupakan senyawa campuran dari polimer siloxane yang distabilkan oleh silikon dioksida. Simethicone memiliki rumus kimia (C2H6Osi)n.(SiO2)m dan berat molekul yang bervariasi.

rumus kimia Simethicone

Dosis obat ini biasanya untuk orang dewasa adalah 40-125 mg, 4xsehari.

Efek Samping Simethicone

Simethicone relatif tidak memiliki efek samping apabila digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Hasil penelitian dari Food and Drug Administration menghasilkan temuan bahwa efek samping yang paling sering terjadi ketika mengkonsumsi simethicone adalah diare, mual, muntah, nyeri, merasa kelelahan dan sesak nafas.