Apa yang dimaksud Metode Super Memory System?

Apa yang dimaksud Metode Super Memory System?

Dalam mengembangkan ingatan, ada beberapa metode. Salah satunya adalah metode super memory system. Apa yang dimaksud super memory system?

Super memory system adalah suatu system untuk memprkuat daya ingat dengan mempertinggi tingkat perhatian dan dengan membagikan perhatian dengan menggunakan tehnik daya ingat yang disebut manipulasi otak.

Sedangkan yang dmaksud metode Super memory system dalam skripsi ini adalah suatu cara untuk mengingat atau menghafal dengan menggunakan tehnik mengingat yang menyenangkan untuk meningkatkan potensi belajar siswa.

Prinsip – Prinsip Pelaksanaan Metode Super memory system

Super Memory sistem adalah suatu tehnik yang lahir dari pembelajaran dengan metode quantum. Tehnik-tehnik penyampaian Super memori System saling berkaitan dengan prinsip-prinsip Quantum teaching. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

1. Segalanya belajar

Yang dimaksud segalanya belajar disini adalah pada saat proses pembelajaran maka lingkungan kelas, bahasa tubuh bahkan sesuatu yang kita pegang skalipun harus memiliki pesan untk peserta didik sedang belajar.

2. Segalanya memiliki tujuan

Segalanya memlki tujuan artinya apa yang dilakukan guru terhadap peserta didik harus memliki tujuan yang jelas. Demikian pula apa yang dikerjakan peserta didik mereka harus tahu tujuannya seingga proses pembelajaran yang dilakukan tidak melenceng dari yan diharapkan.

3. Pengalaman sebelum membeikan kata kunci

Sebelum proses pembelajaran dimulai guru harus mampu memberikan ransangan kepada peserta didik yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tah mereka.

4. Akui setiap usaha

Seorang guru harus mampu mengapresiasi setiap usaha yang telah dilakukan oleh peserta didik. Apresiasi dari seorang guru merupakan sebuah pengakuan dan penghargaan terhadap rasa percaya dii perta didik sehingga apresiasi tersebut dapat dapat menumbuhkan motivasi belajarnya.

5. Jika layak dipelajari maka layak pula dirayakan

Dalam proses pmbelajaran, keberhasilan peserta didik dalam mempelajari suatu materi maka layak untuk dirayakan sehingga mereka termotivasi untuk semakin menguasai materi tersebut.

Cara dalam Pelaksanaan Metode Super memory system

Dalam pelaksanaan Super memory system agar terlaksana dengan baik dalam meningkatkan daya ingat ada beberapa cara yang bisa dipakai. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tumbuhkan

Dalam hal ini seblum proses pembelajaran hendaknya seorang menumbuhkan minatt dan memberikan motivasi. Dengan menumbuhkan minat dan memberikan motivasi sebelum proses pembelajaran akan mengantarkan peserta didik merasa bahawa mereka membutuhkan materi yang sedang diberikan.

2. Alami

Dalam hal ini guru harus mampu mengaitkan materi yang disampaikan dengan pristiwa nyata yang sedang dialami. Dengan demikian maka informasi akan mudah untuk diingat.

3. Ulangi

Dengan melakukan pengulangan akan membantu untuk membuat informasi yang diterima tidak mudah hilang dari ingatan, tetapi cara ini harus dilakukan dengan tehnik yang baik agar tidak merasa bosan dalam pengulngan materi.

4. Rayakan

Dengan merayakan keberhasilan dalam mengingat informasi yang telah diberikan dapat membuat peserta didik termotivasi dan fikiran menjadi segar kembali.

Teknik-teknik Metode Super memory system

Dalam pelaksanaan metode Super memory system untuk memaksimalkan Kecerdasan dan daya ingat memerlukan tehnik-tehnik seagai berikut :

1. Spasial-Visal

Spasial-Visual merupakan tehnik memaksimalkan kecerdasa dan daya ingat dengan menggunakan cerita dan gaambar. Dalam hal ini guru memerukan gambar , visual, tabel, desain , vidio , film dan ilustrasi.

2. Linguistik – Verbal

Linguistik – Verbal yaitu memaksimalkan daya ingat dengan memanfaatkan kemahiran berbahasa, menghubungkan, dan menafsirkan. Dalam hal ini bisa dimaksimalkan lewat diskusi, menulis, makalah dan pidato.

3. Interpersonal

Interpersonal, yaitu memaksimalkan daya ingat lewat komunikasi dengan orang lain. Dalam hal ini dimaksimalkan dengan kerja sama dengan kelompok, permainan dan sebagainya.

4. Naturalis , yaitu memaksimalkan daya ingat dengan memanfaatkan alam sekitar, dengan simulasi, penemuan dan berinteraksi.

5. Musikal-Ritme

Musikal-Ritme, yaitu memaksimalkan daya ingat dengan menyanyi, memainkan irama.

6. Badan-Kinstik

Badan-Kinestik, yaitu memaksimalkan daya ingat melalui snsasii gerakan badan.

7. Intrapersonal

Intrapersonal, yaitu memaksimalkan daya ingat dengn cara mengacu pada kesadaran sendiri.

8. Logis-Matematik

Logis-Matematik, yaitu memaksmalkan daya ingat atau kecerdasan berfikir dengan penalaran.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Super memory system

Setiap metode yang digunakan dalam proses pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan metode Super memory system tentu memiliki kelebihan dan kekurangan nya sendiri. Kelebihan dari metode Super memory system yaitu, metode Super memory system adalah metode yang mudah dan sederhana dan metode super memory sytem ini telah diklaim dapat membantu meningkatkan kinerja otak terutama yaitu dalam hal mengingat.

Selain kelebihan yang dimiliki metode super memory system, tentu metode ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari metode Super memory system ini yaitu, pendidik dituntut untuk bisa selalu kreatif dalam menerapkan tehnik yang ada dalam metode Super memory system ini dan seberapa baiknya semuanya saling bekerja sama.