Apa yang dimaksud metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam memahami kebutuhan pengguna?

Metode menunjukkan suatu cara yang sifatnya teoritis, sedangkan tehnik menunjukkan cara yang bersifat praktis. Penelitian kebutuhan pengguna dapat didefinisikan sebagai pengumpulan, pencatatan dan penganalisaan data secara sistematis tentang pengguna.

data-kuantitatif-kualitatif
Seringkali kedua istilah ini disajikan seakan-akan saling berlawanan padahal berbeda satu sama lain, tetapi rancangan riset yang baik tetap merupakan perpaduan dari keduanya. Informasi riset kualitatif dalam bidang pemasaran dapat digunakan misalnya untuk :

  • Menjernihkan isu sebelum penelitian kuantitatif
  • Mengidentifikasi pengembangan produk baru
  • Meninjau persepsi konsumen atas produk atau pesaing
  • Menganalisis perilaku konsumen
  • Menyelidiki bagaimana keputusan membeli dilakukan
  • Menyelidiki alasan mengapa satu merek dipilih

# Penelitian Kualitatif
Merupakan penelitian yang menggunakan data yang berbentuk kalimat, kata atau gambar atau data yang bukan dalam bentuk skala rasio, tetapi dalam bentuk skala yang lebih rendah yaitu : skala ordinal dan atau nominal. Model yang dipakai dalam riset kualitatif :

  1. Pendekatan secara langsung (direct approach)
    merupakan pendekatan yang dipakai dengan menjelaskan secara jelas tujuan penelitian kepada responden.
  2. Pendekatan tidak langsung (indirect approach)
    merupakan pendekatan yang dipakai dengan tidak menyebutkan secara jelas tujuan penelitian kepada responden.

Contoh Riset Kualitatif :
Jika kita ingin menganalisis kebutuhan pengguna, kita dapat memperoleh sejumlah besar perbandingan kategori dengan menggunakan bermacam-macam konsep, misalnya menggunakan konsep jenis kelamin, kita membagi kelompok tersebut menjadi dua kategori yaitu pria dan wanita. Dari kategori tersebut perlu ditetapkan kategori mana yang benar-benar berguna untuk menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan.

# Penelitian Kuantitatif
Merupakan penelitian yang lebih berdasarkan pada data yang dapat dihitung untuk menghasilkan suatu penaksiran. Isis rencana analisis data selalu didasarkan pada rencana penelitian yang telah dirumuskan dan data yang sudah siap diolah. Rencana penelitian mencakup 3 hal:

  • Permasalahan
  • Tujuan Penelitian
  • Kerangka pemikiran, termasuk penggunaan konsep dan operasionalisasinya

Penelitian kuantitatif menggunakan pengujian hipotesis untuk menggambarkan keterkaitan atau hubungan antara masing-masing variabel dengan dukungan kerangka teori yang digunakan.

Referensi :