Apa yang dimaksud Komunikasi Jaringan Bintang?

Berdasarkan jenis komunikasi menurut jaringan kerja, proses komunikasi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan akan terlaksana menurut sistem yang ditetapkan dalam perusahaan atau organisasi tersebut.Salah satu jenis dari komunikasi jaringan kerja ini adalah komunikasi jaringan bintang.

Apa yang dimaksud dengan komunikasi jaringan bintang?

Sebelum membahas pola bintang, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu pola komunikasi.

Pola komunikasi adalah struktur dimana komunikasi mengalir dalam suatu organisasi. Pola komunikasi adalah bentuk hubungan komunikasi dalam working team sesuai dengan struktur organisasi.

Pola tersebut terkait dengan efisiensi kerja dan juga mengatur tentang siapa yang bertanggung jawab terhadap siapa atau siapa yang berbicara kepada siapa. Hal ini juga berkaitan dengan kepuasan anggota kelompok dan proses pengambilan keputusan.

komunikasi pola roda

Salah satu bentuk pola komunikasi ini adalah pola bintang, atau pola roda (wheel).

Pada pola roda (bintang), ada pemimpin yang menjadi pusat semua komunikasi. Yang lainnya adalah anggota yang berdiri pada tingkat yang setara dalam struktur.

Disini, semua anggota bisa berkomunikasi dengan pimpinan dan sebaliknya. Tapi, sesama anggota tidak bisa saling berinteraksi. Terkadang, anggota bahkan tidak mengetahui adanya anggota lain dari kelompok yang sama.

Pola ini diambil sebagai pola komunikasi terbaik bagi setiap organisasi karena pemimpin dapat membuat kontak langsung dengan semua.

Masalah komunikasi dalam metode ini cenderung lebih kecil daripada metode lainnya, dan metodenya cepat. Tidak ada distorsi informasi oleh anggota kelompok lainnya saat menyampaikan pesan.