Apa yang dimaksud Khalayak Public Relation?


Pexels

Frank Jefkins dalam “Public Relations”, menyatakan khalayak (public) adalah kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal.

Beberapa alasan pokok mengapa suatu organisasi atau perusahaan harus mengenali atau menetapkan unsur masyarakat luas yang menjadi khalayaknya, yakni:

  1. Untuk mengidentifikasikan segmen khalayak atau kelompok yang paling tepat untuk dijadikan sasaran suatu program kehumasan.
  2. Untuk menciptakan skala prioritas, sehubungan dengan adanya keterbatasan anggaran dan sumber-sumber daya lainnya.
  3. Untuk memilih media dan teknik PR yang sekiranya paling sesuai.
  4. Untuk mempersiapkan pesan-pesan sedemikian rupa agar cepat dan mudah diterima.

Akibat dari tidak ditetapkannya khalayak atas suatu program PR:

  1. Segenap usaha dan dana akan terpecah-belah akibat terlalu luasnya khalayak yang dituju.
  2. Pesan yang dikirimkan tidak ditangkap atau dimengerti sebagaimana mestinya, karena pesan itu tidak sesuai dengan karakteristik khalayak yang menerimanya.
  3. Total kegiatan tidak akan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sehingga penggunaan jam kerja, materi serta peralatan menjadi tidak ekonomis.
  4. Tujuan yang hendak—walaupun telah ditargetkan—tidak akan tercapai.
  5. Pihak manajemen atau perusahaan klien merasa tidak puas dengan hasil yang ada.

Sumber :
Belajar Komunikasi by Enaliya Sudartama