Apa yang dimaksud Keterampilan Proses Sains?

Apa yang dimaksud Keterampilan Proses Sains?

Apa yang dimaksud Keterampilan Proses Sains?

Keterampilan proses sains adalah keterampilan yang dipelajari siswa pada saat mereka melakukan inkuiri ilmiah. Menurut Funk, sebagaimana dikutip oleh Dimyati & Mudjiono (2006), ada beberapa keterampilan dalam keterampilan proses.

Menurut Funk, sebagaimana dikutip oleh Dimyati & Mudjiono (2006:140), ada beberapa keterampilan dalam keterampilan proses. Keterampilan-keterampilan tersebut terdiri dari keterampilan-keterampilan dasar (basic skills) dan keterampilan-keterampilan terintegrasi (integrated skills).

Keterampilan-keterampilan dasar terdiri dari enam keterampilan, yakni: mengamati, mengklasifikasikan, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan. Sedangkan keterampilan-keterampilan terintegrasi terdiri dari: mengenali variabel, membuat tabel data, membuat grafik, menggambar hubungan antar variabel, mengumpulkan dan mengolah data, menganalisis data penelitian, menyususn hipotesis, mendefinisikan variabel, merancang penelitian, dan bereksperimen.

Menurut Semiawan (1987), keterampilan proses sains terdiri dari: Observasi atau pengamatan, Penghitungan, Pengukuran, Klasifikasi, Hubungan ruang/waktu, Pembuatan hipotesis, Perencanaan penelitian/eksperimen, Pengendalian variabel, Interpretasi data, Kesimpulan sementara (Inferensi), Peramalan, Penerapan (Aplikasi), dan Komunikasi.

Tahapan untuk melakukan Keterampilan Proses Sains

1. Merancang percobaan

Siswa merangkai alat dan bahan sesuai dengan percobaan yang akan dilakukan, sesuai dengan gambar yang ada di dalam LKS.

2. Melakukan percobaan

Siswa melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang telah ada di dalam LKS.

3. Menuliskan hasil percobaan

Siswa menuliskan hasil pengamatan dari percobaan yang telah dilakukan.

4. Membuat tabel data

Siswa menampilkan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada tabel data.

5. Menganalisis data

Siswa melakukan perhitungan terhadap data yang telah diperoleh. Perhitungan ini meliputi menentukan jarak bayangan dan menentukan titik fokus lensa.

6. Menarik kesimpulan

Siswa membuat kesimpulan dari seluruh rangkaian percobaan yang telah dilakukan.