Apa yang dimaksud Keterampilan Menjelaskan?

Apa yang dimaksud Keterampilan Menjelaskan?

Apa yang dimaksud Keterampilan Menjelaskan?

Keterampilan menjelaskan adalah keterampilan menyajikan informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya, misalnya sebab akibat, definisi dengan contoh atau dengan sesuatu yang belum diketahui.

Keterampilan menjeaskan merupakan aspek yang sangat penting bagi guru sebagai pengajar karena sebagian besar percakapan pembelajaran mempunyai pengaruh besar terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Penguasaan keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memunginkan siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Tujuan Memberikan Penjelasan

  1. Membimbing anak didik untuk mendapat dan memahami hukum, dalil, fakta, definisi dan prinsip secara objektif, dan benar.

  2. Melibatkan anak didik untuk berfikir memecahkan masalah-masalah atau pertanyaan.

  3. Untuk mendapatkan balikan dari anak didik mengenai tingat pemahamannya dan untuk mengatasi kesalahpahaman mereka.

  4. Membimbing anak didik untuk menghayati dan mendapatkan proses penalaran dan menggunakan bukti-bukti dalam pemecahan masalah.

Komponen Keterampilan Menjelaskan

Komponen keterampilan menjelaskan terbagi atas:

1. Analisis dan Perencanaan Menjelaskan

Ada dua hal yang perlu dianalisis dan direncanakan pada keterampilan menjelaskan, yaitu: isi pesan yang akan disampaikan dan anak didik sebagai penerima pesan.

2. Penyajian Suatu Penjelasan

Penyajian suatu penjelasan dapat ditingkatkan hasilnya dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Kejelasan. Penjelasan hendaknya diberikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa. Hindarkan penggunaan kata yang tidak perlu.

  • Penggunaan Contoh atau ilustrasi. Memberikan penjelasan sebaiknya menggunakan contoh-contoh yang ada hubungannya dengan sesuatu yang dapat ditemui oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual).

  • Penekanan. Dalam memberikan penjelasan gurg harus memusatkan perhatian siswa kepada masalah/pokok utama dan mengurangi informasi yang tidak terlalu penting.

  • Umpan Balik. Guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan pemahaman, keraguan, atau ketidakmengertian siswa ketika penjelasan itu diberikan.

Perlunya Keterampilan Menjelaskan

Adapun alasan perlunya keterampilan menjelaskan yang harus dikuasai oleh guru bertujuan:

  1. Meningkatkan keefektifitasan pembicaraan agar benar-benar merupakan penjelasan yang bermakna bagi siswa karena pada umumnya pembicaraan lebih di dominasi oleh guru dari pada oleh siswa.

  2. Penjelasan yang diberikan oleh guru kadang-kadang tidak jelas bagi siswanya, tetapi hanya jelas bagi guru itu sendiri. Hal ini tercermin dalam ucapan guru “sudah jelas bukan? Atau “dapat dipahami bukan? Oleh karena itukemampuan mengeola tingat pemahaman siswa sangat penting dalam memberikan penjelasan.

  3. Tidak semua siswa dapat menggali sendiri pengetahuan dari buku atau dari sumber lainnya. Oleh karena itu guru perlu membantu menjelaskan hal-hal tertentu.

  4. Kurangnya sumber yang tersedia yang dapat di manfaatkan oleh siswa dalam belajar. Guru perlu membantu siswa dengan cara memberikan informasi lisan berupa penjelasan yang cocok dengan materi yang diperlukan.