Apa Yang Dimaksud Keseimbangan Axial Dalam Menggambar?

Dalam menggambar atau melukis ada unsur-unsur yang harus diperhatikan. Salah satu unsur tersebut adalah unsur keseimbangan. Unsur keseimbangan sendiri terbagi menjadi beberapa macam, ada yang disebut dengan unsur keseimbangan axial. Apa maksudnya?

Keseimbangan tersembunyi sering disebut juga keseimbangan asimetris yaitu keseimbangan antara 2 ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan meskipun keduanya tidak memiliki besaran yang sama maupun bentuk raut yang sama. Jenis keseimbangan ini merupakan jenis keseimbangan yang paling sulit dipenuhi karena kita harus betul betul bisa merasakan bahwa walaupun besaran maupun bentuk rautnya berbeda namun ruang kanan dan kiri harus dalam keadaan seimbang. Jika keseimbangan ini bisa dicapai maka akan menghasilkankomposisi yang dinamis, hidup, bergairah.

Unuk memperoloh keseimbangan tersembunyi yang betul-betul seimbang, diperlukan perasaan yang terlatih. Disini rasa harus benar-benar peka untuk menilai apakah sebuah komposisi itu seimbang atau tidak. Sekali lagi hanya rasa yang dapat menentukan. Oleh karena itu, kepekaan rasa harus banyak dilatih agar semakin tajam. Untuk memperoleh keseimbangan tersembunyi diantaranya bisa dilakuan dengan cara mendekatkan bentu_bentuk yang rautnya besar pada porosnya dan bentuk yang raut ny kecil dijauhkan dengan poros, walaupun tidak selalu haus begitu karena sekali lagi bahwa rasa yang akan berbicara.