Apa yang dimaksud Interactive Marketing?

image|Interactive Marketing

Apa yang dimaksud Interactive Marketing?

Pemasaran interaktif atau yang juga sering disebut dengan pemasaran online adalah kegiatan online yang dilakukan untuk memasarkan produk dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berikut ini adalah beberapa definisi pemaran interaktif atau pemasaran online menurut para ahli:

Menurut Kotler dan Keller (2012) , “Pemasaran interaktif ( interactive marketing ) adalah kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan atau prospek dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, atau menciptakan penjualan produk dan jasa”.

Menurut Kotler dan Amstrong (2012), Online marketing is efforts to market products and services and build customer relationship over the internet.” “Pemasaran online (interaktif) adalah usaha perusahaan untuk memasarkan produk dan pelayanan serta membangun hubungan pelanggan melalui internet.”

Menurut Joel Reedy, Shauna Schullo, dan Kenneth Zimmerman (2000) ,“Pemasaran interaktif adalah keseluruhan aktivitas dengan menggunakan media online yang bertujuan memfasilitasi proses produksi barang dan jasa dari produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.”

Menurut SDA Asia (2009),“ Online marketing adalah segala aktivitas yang tujuannya adalah untuk memasarkan atau mempromosikan dan membangun branding lewat media online khususnya yang dimaksud adalah lewat dunia internet yang berorientasi pada keuangan.”

Keunggulan dan Kelemahan Pemasaran Interaktif

Menurut Kotler dan Keller (2012:540), pemasaran interaktif mempunyai keunggulan dan kelemahan, yaitu :

Keunggulan pemasaran interaktif

Perusahaan dapat mengirimkan pesan khusus yang melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka.

Media yang digunakan dalam pemasaran interaktif yaitu web, dapat menawarkan keunggulan penempatan kontekstual dan membeli iklan di situs yang berhubungan dengan penawaran pemasar. Selain itu pemasar juga dapat menempatkan iklan disitus berdasarkan kata kunci dari mesin pencari, untuk menjangkau masyarakat ketika mereka benar-benar memulai proses pembelian. Web sangat efektif untuk menjangkau masyarakat sepanjang hari.

Kelemahan pemasaran interaktif

Pemasar mungkin menganggap iklan mereka lebih efektif dibandingkan seharusnya, akibat adanya klik palsu yang dihasilkan oleh situs web yang menggunakan piranti lunak.

Pengiklan kehilangan kendali atas apa yang ingin dilakukan konsumen dengan pesan online dan kegiatan mereka.

Konsumen dapat dengan mudah menempatkan video ditempat yang seharusnya atau tidak diinginkan.

Sifat-sifat Pemasaran Interaktif

Menurut Kotler dan keller (2012:492), sifat-sifat pemasaran interkatif ialah:

  • Penyesuaian, pesan dapat disiapkan untuk menarik individu yang dibidik.

  • Terkini, pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat.

  • Interaktif, pesan dapat diubah tergantung pada respon seseorang.

Indikator Pemasaran Interaktif

Ada tiga indikator pemasaran online menurut Kolter & Keller (2012) , yaitu:

  • Email

Pengertian E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet.

  • Blog perusahaan

Blog merupakan singkatan dari web logadalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

  • Situs Web

Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situsadalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Tantangan utama adalah merancang situs web yang atraktif pada pandangan pertama dan cukup menarik untuk mendorong kunjungan ulang.

Pemasaran interaktif adalah praktik pemasaran satu-ke-satu yang berpusat pada tindakan masing-masing pelanggan dan prospek. Pemasaran interaktif melibatkan inisiatif pemasaran yang dipicu oleh perilaku dan preferensi pelanggan; untuk alasan ini, ini adalah perubahan besar dari upaya pemasaran berbasis kampanye tradisional.

Strategi customer-centric, pemasaran interaktif melibatkan reaksi terhadap tindakan pelanggan dan berusaha untuk memenuhi harapan dan tuntutan mereka. Agar pemasar melakukan upaya pemasaran interaktif yang sukses, mereka harus memiliki akses ke teknologi canggih yang memberikan pandangan lengkap kepada pelanggan.

Jenis Pemasaran Interaktif


Pemasaran interaktif mencakup banyak jenis inisiatif. Pemasar dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui konten dinamis seperti bercerita visual, konten yang dipersonalisasi, informasi berlapis, dan interaksi dua arah. Apa pun jenis inisiatif pemasaran interaktif yang Anda terapkan, tujuannya adalah membuat konten menarik dan relevan bagi pelanggan.

  1. Mendongeng Interaktif
    Pemasar dapat memanfaatkan peluang untuk seinamis mungkin dengan konten; ini dapat berarti menambahkan animasi atau infografis ke posting blog atau membuat iklan asli yang berakar pada cerita yang menggabungkan elemen media campuran. Memecah posting bentuk panjang dan halaman arahan lanjutan dengan divisi teks, klip video dan audio, dan komponen interaktif yang memungkinkan berbagi dan menemukan lebih banyak informasi.

  2. Konten yang Dipersonalisasi
    Gunakan teknologi canggih untuk mendapatkan wawasan tentang demografi pelanggan, data geografis, informasi siklus hidup, dan lainnya untuk memberikan konten dan penawaran yang dipersonalisasi, relevan, dan penawaran. Ketika Anda tahu sebanyak mungkin tentang pelanggan Anda sebagai individu, Anda dapat menciptakan pengalaman yang paling berarti bagi mereka. Pelanggan akan lebih terkait dengan konten ketika dipersonalisasi dengan tepat, dan mereka akan lebih cenderung untuk berinteraksi dengan konten dengan membagikannya.

  3. Informasi Layered
    Mendidik pelanggan telah menjadi prioritas utama bagi pemasar, dan pemasaran interaktif adalah cara cerdas untuk melapisi informasi bagi konsumen dengan mengirimkan konten terperinci secara bertahap. Pemasar memiliki kemampuan untuk menceritakan kisah merek dengan memberikan potongan informasi dalam pengambilan cepat yang mudah dibaca dan kemudian memberikan konten yang lebih rinci dan informatif di lapisan lain kepada anggota audiens yang ingin tahu sebanyak mungkin tentang suatu topik.

  4. Interaksi Dua Arah
    Inisiatif interaksi dua arah adalah inti dari pemasaran interaktif karena memberikan konsumen kendaraan untuk partisipasi aktif. Misalnya, alat interaktif seperti kuis, kalkulator, konten bercabang, permainan, dan video interaktif memberikan pengalaman yang lebih kuat bagi audiens.