Apa yang dimaksud dengan Westphalian System ?

Kedaulatan Westfalen (Westphalian System), atau kedaulatan negara, adalah prinsip hukum internasional bahwa setiap negara-bangsa memiliki kedaulatan eksklusif atas wilayahnya. Kekuatan eksternal tidak boleh ikut campur dalam urusan domestik negara lain. Setiap negara, tidak peduli seberapa besar atau kecil, memiliki hak yang sama terhadap kedaulatan.

Apa yang dimaksud dengan Westphalian System ?

Perdamaian Westphalia penting dalam teori hubungan internasional modern, dan sering didefinisikan sebagai awal dari sistem internasional yang dengannya kesepakatan disiplin.Namun, beasiswa baru-baru ini menunjukkan bahwa perjanjian Westfalen sebenarnya tidak ada hubungannya dengan prinsip-prinsip - yaitu, kedaulatan , non-intervensi, dan persamaan hukum dari negara-negara - dengan mana mereka sering dikaitkan. Sebagai contoh, Osiander menulis bahwa “[t] dia perjanjian tidak mengkonfirmasi [Prancis atau Swedia]” kedaulatan “atau orang lain, paling tidak mereka mengandung sesuatu tentang kedaulatan sebagai prinsip.”

Meskipun demikian, “kedaulatan Westfalen” terus digunakan sebagai singkatan untuk beberapa prinsip hukum dasar yang mendasari sistem negara modern. Penerapan dan relevansi prinsip-prinsip ini telah dipertanyakan sejak pertengahan abad ke-20 dan seterusnya dari berbagai sudut pandang. Banyak perdebatan telah menghidupkan ide-ide internasionalisme dan globalisasi yang, dalam berbagai interpretasi, tampak bertentangan dengan kedaulatan Westfalen.