Apa yang dimaksud dengan volatilitas laba?

Apa yang dimaksud dengan volatilitas laba ?

Volatilitas laba mengacu pada seberapa stabil, atau tidak stabilnya, pendapatan perusahaan. Seorang analis dapat bekerja dengan angka-angka pendapatan tahunan atau triwulanan. Apa yang dimaksud dengan volatilitas laba ?

1 Like

Volatilitas laba merupakan tingkat fluktuasi laba yang diperoleh perusahaan dari kegiatan operasionalnya selama beberapa periode. Volatilitas laba juga menunjukkan tingkat risiko yang tercermin dari besarnya simpangan atas tinggi atau rendahnya laba yang diperoleh perusahaan selama periode tertentu. Semakin besar simpangan, semakin tinggi volatilitas laba, yang berarti juga semakin besar risiko yang dimiliki perusahaan menurut Oktaviyanti, (2013).

Menurut De Fond dan Hung (2003), Dichev dan Tang (2006), volatilitas laba yang semakin besar akan menurunkan kualitas laba yang dilaporkan. Laba yang stabil adalah hal yang penting bagi perusahaan, karena volatilitas laba yang tinggi pada suatu perusahaan terlbih pada sektor bank dapat menimbulkan efek domino, volatilitas laba yang tinggi menyebabkan kinerja bank menurun dan berdampak pada aspek lain, seperti meningkatnya risiko likuiditas dan reputasi perusahaan. Oleh karena itu, manajer di sektor bank dan regulator memiliki kepentingan untuk menjaga volatilitas laba minimum pada bank (Farook et al., 2014).