Apa yang dimaksud dengan Tuhan?

Tuhan

Tuhan (God) memiliki beberapa arti. Dalam agama Abrahamik, “Tuhan” berfungsi sebagai kata benda deskriptif yang mengacu pada realitas tertinggi dan kuat yang merupakan objek keyakinan dan praktik keagamaan. Jadi, dalam Yudaisme, Kristen, dan Islam, Tuhan adalah semua yang baik, pencipta dan pemelihara alam semesta yang selalu ada. Dalam tradisi ini, “Tuhan” terkadang berfungsi sebagai nama yang tepat yang merujuk pada makhluk yang ditemui dalam pengalaman religius sebagai lawan dari peran deskriptif sebagai, misalnya, yang menciptakan, menopang, dan menebus.

Konsep tentang Tuhan berbeda-beda di setiap budaya dan tradisi, beberapa di antaranya monoteistik sementara yang lain politeistik dan panteistik. Beberapa konsep Tuhan mempertahankan perbedaan yang jelas antara Tuhan dan kosmos (Tuhan bukanlah ciptaan), sementara yang lain mengidentifikasi Tuhan dan alam (Spinoza).

Sumber
  • Taliaferro, Charles. & Marty, Elsa J. (2010). A Dictionary of Philosophy of Religion. The Continuum International Publishing Group