Apa yang dimaksud dengan Transformasi Proses Bisnis atau Business Process Transformation (BPT) ?

Transformasi proses bisnis melibatkan pemeriksaan terhadap langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam upaya menghapus langkah duplikat atau tindakan yang tidak perlu dan mengotomatisasi tindakan sebanyak mungkin.

Apa yang dimaksud dengan Transformasi Proses Bisnis atau Business Process Transformation (BPT) ?

Business Process Transformation (BPT) atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Transformasi Proses Bisnis adalah suatu kegiatan membuat perubahan mendasar dalam cara bisnis dilakukan untuk membantu mengatasi pergeseran lingkungan pasar. Transformasi Proses Bisnis juga bisa didefinisikan sebagai tindakan radikal yang bertujuan untuk mengubah serangkaian kegiatan didalam proses bisnis yang sudah berjalan yang diperlukan untuk memenuhi tujuan bisnis tertentu.

Waktu Penggunaan Transformasi Proses Bisnis

Kebutuhan akan Transformasi Proses Bisnis dapat disebabkan oleh perubahan lingkungan eksternal di pasar seperti produk atau jasa yang sudah kadaluwarsa, aliran dana atau pendapatan organisasi yang berubah, adanya aturan-aturan yang basru atau persaingan pasar menjadi lebih intens.

Tujuan Transformasi Proses Bisnis


Transformasi Proses Bisnis secara umum dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Proses bisnis menjadi lebih efektif dengan memanajemen proses yang ada, mengurangi redundansi dalam mendukung proses bisnis yang lebih efektif dan efisien demi tercapainya tujuan bisnis.
  2. Meningkatan pelayanan untuk konsumen dengan konsep baru.
  3. Mengotomatisasi alur kerja untuk membangun kekuatan proses bisnis agar lebih responsif dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
  4. Menurunkan biaya produksi dan kebutuhan perusahaan yang lain.

Komponen-komponen Transformasi Proses Bisnis


  1. Mengenali alasan mengapa kita harus melakukan transformasi proses bisnis.
  2. Menyetujui perubahan proses apa saja yang harus diperbaiki, tujuan dari perubahan tersebut adalah demi masa depan yang lebih baik.
  3. Merancang kinerja organisasi, motivasi organisasi dan manajemen organisasi yang baru.
  4. Menguji dan menerapkan hasil transformasi proses bisnis.

Cara Melakukan Proses Bisnis

Transformasi Proses Bisnis dilakukan dengan cara pemeriksaan langkah-langkah dalam proses bisnis yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. Transformasi Proses Bisnis juga biasanya dikenal dengan nama Transformasi Bisnis.

Hal-hal Penting dalam Melakukan Transformasi Proses Bisnis


  1. Fokus pada manfaat
    Tujuan utama dari setiap kegiatan termasuk dalam Transformasi Proses Bisnis adalah harus memperoleh manfaat tertentu bagi seluruh orang-orang yang terlibat. Transformasi Proses Bisnis harus jelas menunjukkan bagaimana caranya untuk bisa memperoleh manfaat dan keuntungan. Karena memang itulah tujuan diadakannya transformasi bisnis tersebut.

  2. Teamwork
    Teamwork sangat penting sekali dalam menjalankan dunia bisnis. Tim selalu dituntut untuk bisa bekerja lebih efektif dan efisien mengingat tingginya tingkat persaingan didalam dunia bisnis. Sehingga masing-masing individu harus berusaha menjaga koordinasi dan komunikasi dengan individu yang lain guna menjaga kekompakan didalam satu team.

  3. Keberlanjutan
    Dalam melakukan Transformasi Proses Bisnis, penting sekali untuk memperhatikan keberlanjutan proses bisnis yang sudah ditransformasi tersebut. Karena kedepannya pasti perubahan-perubahan yang bisa menuntut adanya proses transformasi akan berkembang dengan sangat cepat. Sehingga dalam melakukan transformasi harus mengandung unsur perencanaan dan pengendalian untuk situasi mendatang. Sehingga pada akhirnya ketika sistem sudah dibuat, maka sistem tersebut tidak terlalu kaget dalam menghadapi perubahan situasi dan kondisi yang berubah dengan cepat.

  4. Mengembangkan keterampilan kerja
    Untuk bisa mendapatkan manfaat yang besar, tentu akan membutuhkan tingginya kompetensi orang-orang yang terlibat. Orang-orang yang terlibat harus memiliki kecakapan dan keterampilan yang baik sehingga diharapkan nantinya bisa lebih responsif terhadap perubahan pasar.

Tips dan Trik Melakukan Transformasi Proses Bisnis Yang Baik


  1. Gunakan proses perencanaan strategis sebagai wahana untuk mempromosikan transformasi proses bisnis. Gunakan alat seperti model operasi target dan pemetaan kemampuan bisnis untuk memfasilitasi proses perencanaan strategis. Proses bisnis harus selalu dintrasformasi dari sudut pandang pelanggan. Jika tidak, bisnis kita hanya akan berjalan ditempat atau bahkan akan mengalami kemunduran.

  2. Hindari perangkap modernisasi IT. Banyak organisasi TI telah mengadopsi BPM suite untuk menciptakan sebuah platform proses aplikasi baru untuk modernisasi.

  3. Gunakan data dalam Transformasi Proses Bisnis.

  4. Menyelaraskan tata kelola data dan tata kelola proses. Dengan dimikan maka kepastian dari transformasi proses bisnis akan berhasil bisa terjamin.

  5. Mengenali peluang di lingkungan bisnis. Sehingga akan lebih memudahkan dalam Transformasi Proses Bisnis.

  6. Memperhatikan hal-hal penting dalam melakukan proses bisnis seperti yang sudah diuraikan diatas.

Referensi
2 Likes