Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis?

Tokoh antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh yang menentang alur cerita. biasanya ada seorang tokoh utama yang menentang cerita secara keseluruhan dan memiliki watak kebalikan dengan tokoh protagonis.

Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis ?

Tokoh antagonis merupakan kebalikan dari tokoh protagonis, yaitu tokoh penyebab terjadinya konflik dan ketegangan yang dialami oleh protagonis. Tokoh antagonis barangkali dapat disebut beroposisi dengan tokoh protagonis, secara langsung ataupun tak langsung, bersifat fisik maupun batin ( Nurgiyantoro, 1994).

Tokoh antagonis adalah pelaku yang tidak disenangi pembaca atau penonton karena memilki watak yang tidak sesuai dengan apa yang diidamkan oleh pembaca atau penonton.

Tokoh antagonis adalah tokoh yang melawan kebenaran dan kejujuran serta memiliki watak yang buruk dan jahat. Oleh karena itu, peran antagonis merupakan peran yang cukup berat sebab menuntut seorang aktor harus memunculkan sifat jahatnya. Padahal, seorang aktor atau aktris pastinya bukan seorang kriminal, dan mereka harus memiliki sifat dan pikiran sebagai seorang kriminal yang bahkan memiliki sifat pembunuh berdarah dingin.

Tokoh antagonis merupakan tokoh yang menyebabkan terjadinya konflik. Tokoh antagonis dapat pula disebut sebagai tokoh yang beroposisi dengan protagonist, secara langsung ataupun tidak langsung, bersifat fisik ataupun batin (Altenberd dan Lewis dalam Nurgiantora, 1995). Oleh karena itu, tokoh ini biasanya digambarkan sebagai tokoh yang berwatak buruk dan negatif, seperti pendendam, culas, pembohong, mengahalalkan segala cara, sombong, iri, suka pamer dan ambisius. Meskipun demikian, ada juga tokoh-tokoh antagonis yang bercampur dengan sifat-sifat yang baik beroposisi dengan tokoh protagonis.