Apa yang dimaksud dengan Time Paradox?


(Dinda Kanya Anky Putri) #1

Apa yang dimaksud dengan Time Paradox? Kemukakan pendapat anda dan fakta-fakta mengenai Time Paradox.


(Rizcy Cahyo) #2

Menurut beberapa sumber yang saya baca, Time Paradox adalah suatu momen dimana adanya perubahan di masa dahulu yang mempengaruhi jalannya waktu saat ini. Konsep paradoks waktu ini sangat kompleks dan membingungkan dan akan memberikan dampak yang sangat baik atau sangat buruk.

Namun, terdapat teori-teori lain yang membantah teori time paradox ini.

Menurut Albert Einstein, terdapat Cosmic Censorship dimana garis waktu atau timeline tidak dapat dirubah. Jikalau seseorang berhasil menciptakan mesin waktu dan kembali ke masa lalu untuk merubah sesuatu, dia tidak akan pernah bisa merubah hal yang ingin dia rubah karena adanya Cosmic Censorship.

Lalu terdapat teori Quantum yang memunculkan teori baru, yaitu teori Multi-Verse atau yang biasa disebut dengan dunia paralel. Teori ini menjelaskan bahwa ketika seseorang kembali ke masa lalu dan merubah timeline, maka akan menimbulkan dua “waktu” yang berbeda. Contohnya ada seseorang yang pergi ke masa lalu untuk membunuh seseorang. Ketika orang tersebut terbunuh, akan terdapat dua masa depan, yaitu dimana orang tersebut masih hidup dan masa dimana orang tersebut terbunuh.

Masih terdapat teori-teori lain yang memiliki hubungan dengan teori time paradox ini. Namun, dari semua itu masih berupa teori saja dan masih belum bisa dibuktikan secara nyata.

Gambar: theodysseyonline

Untuk referensi yang memudahkan anda memahami konsep waktu, mulai dari time travel, time dilation, dan lainnya, anda dapat menonton film-film berikut:

  • Back to the Future
  • Doraemon
  • Lucy
  • Interstellar
  • Time Machine
  • Prince of Persia: The Sands of Time
  • In Time
    Atau anda dapat melihatnya di IMDB.

Sumber:


(Hizzu) #3

Menurut saya bila seseorang di masa depan kembali ke masa lalu dan bertemu dengan dirinya di masa lalu maka Efek Paradox Waktu akan terjadi yang artinya ingatan seseorang yang kembali ke masa lalu itu akan terganggu karena mengubah ingatan dirinya yang dulu. Itu seperti dirinya sendiri bertemu dengan Doppelganger-nya