Apa yang dimaksud dengan Terapi Fokus Solusi atau Therapy Focus Solution?

Terapi Fokus Solusi atau Therapy Focus Solution

Salah satau strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kesadaran emosi (emotional awareness) seseorang adalah menggunakan Therapy Focus Solution (TFS)
Apa yang dimaksud dengan Therapy Focus Solution ?

Therapy Focus Solution (TFS) berawal dari asumsi-asumsi bahwa manusia itu sehat, mampu (kompeten), memiliki keberdayaan (kapasitas) untuk membangun (mengkonstruksi) solusi-solusi, sehingga dirinya tidak semata-mata berkubang dalam masalah/problem.

Manusia tidak perlu terpaku pada masalah melainkan ia perlu berfokus pada solusi atau bergerak maju dan mengejawantahkan solusi. Tema “problem/masalah” perlu diganti dengan “solusi/pemecahan masalah”. Untuk memecah masalah tidak niscaya mengetahui penyebab problem tersebut, sebab tidak ada hubungan niscaya antara problem dengan solusinya.

Setiap orang perlu mempertimbangkan bermacam solusi dan apa yang benar bagi seseorang belum tentu benar pada orang lain. Karena itu dalam Therapy Focus Solution (TFS) klien memilih sendiri tujuan yang akan dicapai dalam terapi. Bahkan sumber daya pemecahan masalah lebih banyak terdapat pada diri klien bukan pada konselor/terapis. Corey (2005) mendiskripsikan orientasi positif dengan ungkapan tumbuh kembangkan solusi yaitu bagian kehidupan manusia yang meningkatkan harkat, bukan patologi, dengan demikian problem akan terselesaikan dan perubahan-perubahan yang mengagumkanpun akan terjadi dengan cepat dan indah.

Selanjutnya O’Hanlon mengemukakan bahwa manusia perlu didorong untuk keluar dari perilaku berulang menganalisis sifat-sifat dan penyebab problemnya, untuk segera memulai upaya menemukan solusi-solusi dan segera bertindak menyelesaikan atau memecahkan problemnya.

Kekuatan seseorang untuk beralih dari orientasi problem ke orientasi solusi disebabkan bukan terletak pada masa lampau tetapi masa kini dan masa depan. Pada perspektif masa kini dan masa depan, manusia terdorong untuk meraih kehidupan yang lebih sehat dan bahagia. Selanjutnya proses terapeutik dalam Therapy Focus Solution (TFS) mencakup 2 (dua) aktivitas, yaitu :

  1. aktivitas menumbuhkembangkan kesadaran (consciousness raising)
  2. aktivitas membuat pilihan sadar (choosing).

Menumbuhkembangkan kesadaran tentang pengalaman-pengalaman yang justru merupakan pola baku problem-problem yang selama ini menyita perhatian klien dapat menjadi awal dari pengejawantahan solusi, sedangkan membuat pilihan sadar, menentukan masa depan seseorang. Misalnya klien yang selalu berfokus pada kehidupan yang sarat depresi dapat membuat pilihan sadar untuk berpartisipasi dalam kegiatan rohani yang lebih banyak, lebih sering berolahraga, lebih banyak mendengar musik kesukaan, dan lain-lain.

Langkah-langkah membangun solusi dengan Therapy Focus Solution (TFS) Menurut De Jong & Kim Berg (dalam Corey, 2005) langkah-langkah membangun solusi dengan Therapy Focus Solution (TFS) adalah sebagai berikut :

  1. klien diberi kesempatan untuk mendeskripsikan problemnya,
  2. terapis bersama klien mengembangkan tujuan-tujuan yang jelas,
  3. terapis membantu klien mengeksplorasi saat-saat ketika problem tidak terjadi,
  4. menumbuhkembangkan solusi (solution building conversation), terapis memberikan
    ringkasan umpan balik (summary feedback),
  5. terapis bersama klien mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai.

Selanjutnya relasi terapeutik antara terapis dan klien ditujukan untuk mencapai suatu tujuan dan klien pada dasarnya adalah ahli yang paling mengetahui tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan-tujuan itu selalu unik untuk setiap klien dalam mencapai hari depan yang lebih baik, sedangkan terapis membantu klien membangun tujuan-tujuan mereka dalam rangka menghasilkan solusi yang sukses. Relasi antara terapis dan klien berdasarkan pada perspektif, bagaikan kolaborasi atau kerja sama multidisipliner antarapakar (terapis dan klien). Keduanya perlu membuat kriteria kemajuan atau keberhasilan pencapaian tujuan, sehingga mereka dapat mengakhiri terapi pada waktu yang tepat.

Therapy Focus Solution (TFS) dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan dimanfaatkan secara efektif. Karena waktu yang digunakan sedemikian terbatas maka memungkinkan klien untuk tidak bergantung sepenuhnya kepada terapis melainkan memberi kesempatan kepada klien melanjutkan solusi setelah terapi berakhir.