Apa yang dimaksud dengan Teori Umum Humor Verbal atau General Theory of Verbal Humor?

Dalam penelitian berbasis bahasa tentang humor, Salvatore Attardo dan Victor Raskin mengusulkan teori umum humor verbal yang diwakili, secara psikolinguistik, oleh lelucon verbal, permainan kata-kata, dan hubungan antara bentuk linguistik dan isi teks humor.

Menurut pendekatan ini, lelucon dapat dianalisis dalam kaitannya dengan derajat kesamaan dan perbedaan formal / semantik; juga, berbagai “sumber daya pengetahuan” (seperti “oposisi skrip” dan “mekanisme logis”) dapat ditempatkan dalam organisasi hierarkis berdasarkan hubungan biner logis dari ketergantungan, konten dan sifat terkait alat dari sumber daya, dan persepsi yang dihipotesiskan tentang tingkat kesamaan antara lelucon atau rangsangan humor.

Teori umum humor verbal telah dibandingkan secara menguntungkan, khususnya, dengan model humor resolusi ketidaksesuaian yang lebih tradisional di mana gagasan “oposisi naskah” dan “mekanisme logis” sesuai, masing-masing, dengan “fase ketidaksesuaian” dan " fase resolusi ”di model lama.

Lihat: COGNITIVE THEORIES OF HUMOR; HUMOR, THEORIES OF; INCONGRUITY AND INCONSISTENCY THEORIES OF HUMOR; INCON- GRATUITY-RESOLUTION THEORIES.

Sumber:

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories. Amsterdam: Elsevier B.V.

Referensi:
  • Raskin, V. (1985). Semantic mechanisms of humor . Dordrecht: Reidel.

  • Attardo, S., & Raskin, V. (1991). Script theory revis(it)ed: Joke similarity and joke representation model. Humor: International Journal of Humor Research, 4 , 293-347.

  • Ruch, W., Attardo, S., & Raskin, V. (1993). Toward an empirical verification of the General Theory of Verbal Humor. Humor: International Journal of Humor Research , 6 , 123-136.

  • Attardo, S. (1994). Linguistic theories of humor . Hawthorne, NY: Mouton de Gruyter.

  • Attardo, S. (1997). The semantic foundations of cognitive theories of humor. Humor: International Journal of Humor Research , 10 , 395-420.