Apa yang dimaksud dengan Teori Perilaku Pribadi Kelly?

image

Psikolog Amerika George A. Kelly (1905- 1967) mengembangkan teori konstruksi pribadi tentang kepribadian, yang menekankan cara di mana individu menafsirkan atau menafsirkan peristiwa, dan mengedepankan sudut pandang bahwa setiap orang tanpa disadari mengambil peran “ilmuwan” dengan mengamati peristiwa , merumuskan konsep untuk mengatur fenomena, dan mencoba memprediksi kejadian di masa depan.

Menurut Kelly, orang melakukan “eksperimen mini” mental untuk menafsirkan dan memahami pengalaman mereka sendiri. Dalam pengertian ini, orang secara aktif terlibat dalam konstruksi dunia subjektif mereka sendiri dan proses persepsi seseorang diarahkan oleh cara seseorang mengantisipasi kejadian di masa depan.

Teori tersebut menyatakan bahwa orang aktif dan berorientasi pada masa depan daripada pasif atau hanya reaktif, bahwa mereka mengembangkan konsep, kategori, dan konstruksi tertentu yang mereka gunakan untuk menggambarkan diri mereka sendiri dan bahwa konsep seperti permusuhan dapat didefinisikan sebagai upaya yang berkelanjutan dan sia-sia. untuk menemukan bukti positif untuk sesuatu yang telah dianggap gagal.

Teori Kelly memiliki dua fitur utama: berhubungan dengan perubahan dan stabilitas termasuk aspek proses dan struktur dalam individu; dan berfokus pada keunikan orang (idiografik) serta karakteristik dan proses yang umum bagi semua orang (nomothetic).

Konsep teori utama Kelly adalah konstruknya, yang mengacu pada cara bipolar dalam menafsirkan dan memahami peristiwa. Misalnya, konstruksi / dimensi “baik-buruk” sering digunakan oleh individu saat mereka menilai peristiwa dan orang lain.

Contoh konstruksi lain di mana istilah bipolar tidak selalu merupakan kebalikan logis satu sama lain adalah “menerima-memberi,” “menerima-memberi,” “tidak tegas-tegas,” “benci-cinta,” dan “nafsu-cinta.”

Ketika sebuah konstruksi menjadi bagian dari struktur kognitif individu, itu dapat diterapkan pada apa pun atau siapa pun. Kelly membedakan di antara berbagai jenis konstruksi: konstruksi inti (seperti “lemah-kuat”) versus konstruksi perifer (seperti “lucu-serius”); konstruksi verbal versus preverbal dan konstruksi superordinat versus subordinat.

Konstruksi pribadi individu diatur untuk membentuk sistem konstruksi mulai dari sistem sederhana (hanya berisi satu atau dua tingkat organisasi) hingga sistem yang kompleks (berisi beberapa tingkat organisasi).

Sistem konstruksi yang kompleks memungkinkan diferensiasi yang lebih besar dan prediksi terperinci dalam persepsi seseorang tentang dunia, sedangkan sistem konstruksi sederhana menunjukkan bahwa orang tersebut menggabungkan semua orang dan benda menjadi beberapa kategori seperti “baik-buruk” atau “berhasil-tidak berhasil” di mana prediksi orang tersebut adalah sama tanpa memperhatikan situasi atau keadaan.

Sistem konstruksi pribadi seseorang dapat dinilai dengan “Uji Repertori Membangun Peran”. Kelly menafsirkan hasil dari tes ini adalah proses subjektif dan melelahkan karena ini adalah tes proyektif sebanyak skala penilaian. Dengan tidak adanya sistem penilaian yang obyektif, Tes Rep belum banyak digunakan baik untuk tujuan klinis atau penelitian, dan sebagian besar validitasnya tidak diketahui.

Meskipun Kelly mempengaruhi ahli teori kepribadian kemudian, teori konstruksi pribadi telah berkembang sedikit sejak perkembangan awalnya. Awalnya, teori Kelly ditetapkan dalam bentuk postulat formal dengan 11 akibat wajar dalam bukunya tahun 1955, dan sulit untuk mengklasifikasikan atau membedakannya dengan pendekatan lain. L. Sechrest (1977) menjelaskan teori Kelly memiliki banyak sepupu kedua, tetapi tidak memiliki saudara kandung.

Ide Kelly muncul dari pengalaman klinisnya daripada dari penelitian eksperimental atau studi korelasional sistematis dan hanya ada sedikit penelitian terkini yang didasarkan pada teori Kelly yang dilaporkan dalam literatur psikologis.

Lihat juga: FESTINGER’S COGNITIVE DISSONANCE THEORY; IDIOGRAPHIC/NOMOTHETIC LAWS; PERSONALITY THEORIES

Sumber :
  • J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.*
Referensi :
  • Kelly, G. A. (1955). The psychology of personal constructs . New York: Norton.

  • Kelly, G. A. (1963). A theory of personality . New York: Norton.

  • Sechrest, L. (1977). Personal constructs theory. In R. J. Corsini (Ed.), Current personality theories . Itasca, IL: Peacock.

  • Pervin, L. (1996). The science of personality . New York: Wiley.