Apa yang dimaksud dengan Teori Pembentukan Konsep Bruner?

Psikolog perkembangan Amerika Jerome Seymour Bruner (1915-) dan rekan-rekannya menguraikan empat strategi dalam teori pembentukan konsep mereka yang biasanya digunakan orang dalam merumuskan konsep:

  1. Pemindaian simultan (misalnya, menguji hipotesis yang berbeda);
  2. Pemindaian berurutan (misalnya, menguji satu hipotesis pada satu waktu);
  3. Fokus konservatif (misalnya, menguji hipotesis dengan menghilangkan tebakan yang salah, satu per satu); dan
  4. Fokus perjudian (misalnya, penghapusan kombinasi tebakan).

Dalam teori konstruktivis dan model pencapaian konsep pengajaran dan pendidikan, Bruner menekankan pencapaian dan pengembangan konsep melalui proses / metode penalaran induktif (yaitu, bentuk penalaran, juga disebut “induksi empiris,” di mana hukum umum atau prinsip disimpulkan dari contoh tertentu yang telah diamati sebelumnya).

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.