Apa yang dimaksud dengan Teori Kesadaran Waktu Brown?

image

Teori filosofis / neurologis tentang kesadaran waktu oleh ahli saraf / dokter Amerika Jason W. Brown mengusulkan bahwa pikiran mengubah kontinuitas ruang-waktu fisik menjadi momen-momen (“struktur mikro saat ini”) yang disebut “sekarang absolut” dan mencampurkannya saat-saat menjadi kontinuitas yang nyata melalui tumpang tindih “kapsul yang sedang dibuka” di mana aliran waktu psikologis adalah ilusi yang didasarkan pada penggantian kapsul yang cepat.

Brown menyarankan, juga, bahwa setiap pikiran menghitung ukuran durasi dari kerusakan permukaan saat ini dalam kaitannya dengan inti peristiwa masa lalu. Spekulasi Brown tentang waktu berasal dari teori mikrogenetik yang meneliti bagaimana perilaku terungkap secara bersamaan dalam berbagai dimensi dan skala waktu dan ruang; termasuk dalam pendekatan filosofis ini adalah analisis proses evolusi otak yang berjalan dari lapisan tertua dan terdalam dari sistem saraf pusat ke arah yang umumnya ke atas dan ke luar.

Menurut teori genetika, dalam sepersekian detik, otak mereproduksi seluruh sejarah evolusi dan perkembangannya untuk menghasilkan perilaku yang muncul di permukaan sebagai akhir yang terlihat dari proses yang terkubur di dalamnya. Asumsinya di sini adalah gagasan teoretis bahwa apa yang terkubur di bawah permukaan selalu menjadi bagian dari apa yang muncul. Disarankan bahwa hidup, mengamati, berpikir, merasakan, dan bertindak ditentukan dan dibimbing bukan oleh keadaan makhluk (yang, pada kenyataannya, hanya berlangsung selama mikro-detik, kemudian memberi jalan ke detik berikutnya), tetapi oleh proses itu sendiri dari melewati dari negara bagian ke negara bagian.

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.