Apa yang dimaksud dengan teknik jahit chain stitch?

image

Saya pernah melihat keterangan suatu produk celana menggunakan jahitan chain stitch. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan jahitan tersebut?

Teknik jain chain stitch yaitu merupakan teknik jahit yang paling penting pada jeans. Pada teknik jahit ini, dibutuhkan 2 buah benang yang akan saling mengunci satu sama lain dan membuat pola seperti rantai. Teknik jahitan ini merupakan salah satu teknik jahit yang akan menjamin kekuatan yang lebih dibanding jahitan biasa. Biasanya chainstitch digunakan di bagian-bagian yang merupakan stress point seperti inseam dan pinggang. Selain karena kekuatannya, jenis jahitan ini juga akan memberikan roping effect di bagian hem. Salah satu mesin jahit yang sudah digunakan sejak jaman dulu dan terkenal karena kemampuan membuat chainstitch-nya adalah Union Special.

Roping effect pada mesin union special terjadi karena semacam tarikan pada saat menjait hem. Hasil jaitan hem yang dibuat dengan mesin Union Special umumnya terlihat lebih “bundar” jika dibandingkan dengan jahitan mesin lain yang terlihat lebih “flat”. Sayangnya mesin Union Special saat ini sudah tidak diproduksi lagi, jadi akan sangat sulit sekali untuk mencari speart part-nya jika terjadi kerusakan terutama pada loper chainstitch.

Referensi

https://fitinline.com/article/read/jahitan-chainstitch/