Apa yang dimaksud dengan Tari Tahu Robyong?

Halo sobat! Pasti sudah tahu kan, bahwasanya kini sudah banyak terdapat tarian di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Tahu Robyong yang berasal dari adat masyarakat Kecamatan Batang, Kabupaten Batang yang menceritakan tentang para pekerja pembuat tahu. Lalu, apa informasi lain yang kamu ketahui tentang Tari Tahu Robyong tersebut?

Tari Tahu Robyong awalnya hanya dipertontonkan dalam sebuah rangkaian drama, hingga pada tahun 2015 Sanggar Tari Putra Budaya merubah drama ini menjadi sebuah tarian secara utuh. Tarian ini sekarang berkembang dan sering sekali di tarikan pada sebuah perhelatan atau parade budaya yang ada di Kabupaten Batang.

Tari Tahu Robyong berasal dari sebuah kata tahu yang mempunyai arti sebuah makanan khas yang bahannya dari olahan kedelai yang mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki kandungan gizi, sedangkan robyong merupakan sebuah symbol tentang keselamatan, kesuburan dan kesejahteraan pada manusia yang mensyukuri rejekinya atas rahmat dari Yang Maha Kuasa.

Tari Tahu Robyong merupakan wujud tari kreasi yang terinspirasi dari upacara syukuran di Desa Kebonan Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Munculnya Tari Tahu Robyong menimbulkan banyak respon positif baik dari kalangan seniman, petinggi daerah dan masyarakat luas.Tari Tahu Robyong digemari oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali masyarakat yang berusia muda, karena Tari Tahu Robyong memiliki keunikan dalam segi pertunjukkan. Keunikan pertunjukan Tari Tahu Robyong menjadi terobosan baru yang belum ditampilkan oleh tari khas Batang sebelumnya yakni Tari Babalu dan Tari Sintren. Tari Tahu Robyong menggunakan gerak dinamis, riang dan ceria, yang diambil dari suasana mayarakat Batang pada saat upacara Tahu Robyong.Pelestarian Tari Tahu Robyong dilakukan mulai dari pementasan, pelatihan, dan pengenalan-pengalanan di Batang. Dukungan dari banyak pihak membuat tari Tari Tahu Robyong semakin dikenal, terbukti dengan ditampilkannya Tari Tahu Robyong di berbagai acara seperti pembukaan, festival-festival, penyambutan tamu dan persembahan pada HUT di Batang.

Bentuk pertunjukkan Tari Tahu Robyong menggambarkan tentang upacara syukuran Tahu Robyong, di bagian awal para penari keluar sebagai penggambaran masyarakat yang sedang mempersiapkan upacara Tahu Robyong, kemudian bagian tengah peertunjukkan para penari menari bersama sebagai penggambaran kegembiraan masyarakat Batang,serta di bagian akhir para penari mengambil krinjing dan membagikan tahu kepada penonton.