Apa yang dimaksud dengan Tari Rampai Geleng?


Tari Rampai Geleng adalah tari tradisional yang berasal dari Indonesia dan dipopulerkan oleh masyarakat sumatera barat. Apa yang anda ketahui dari tarian ini ?

Tari Rampai Geleng adalah merupakan tarian tradisional yang berasal dari Aceh. Rampai adalah merupakan alat musik tradisional Aceh yang kita kenal dengan nama Rebana. Alat musik tradisional rampai ini sangat beragam yang salah satunya adalah Rampai Geleng. Penamaan Rampai pada alat musik pukul dari Aceh ini mengambil nama Syeikh Ripai yang merupakan penemu dan pengembang alat musik tradisional ini di Aceh.

Permainan Rapai Geleng juga disertakan gerakan tarian yang melambangkan sikap keseragaman dalam hal kerjasama, kebersamaan, dan penuh kekompakan dalam lingkungan masyarakat.
Terian aceh yang satu ini mengekspresikan dinamisasi masyarakat dalam syair (lagu-lagu) yang dinyanyikan, kustum dan gerak dasar dari unsur tarian meuseukat.

Fungsi dari tari aceh ini adalah syiar agama, menanamkan nilai moral kepada masyarakat, dan juga menjelaskan tentang bagaimana hidup dalam masyarakat sosial. Rapai geleng pertama kali dikembangkan pada tahun 1965 di Pesisir Pantai Selatan.

Jenis tarian ini dimaksudkan untuk laki-laki. Biasanya yang memainkan tarian ini ada 12 orang laki-laki yang sudah terlatih. Syair yang dibawakan adalah sosialisasi kepada mayarakat tentang bagaimana hidup bermasyarakat, beragama dan solidaritas yang dijunjung tinggi.