Apa yang dimaksud dengan Tari Patudu?

image

Tari Patudu adalah tari tradisional yang berasal dari Indonesia dan dipopulerkan oleh masyarakat sulawesi barat. Apa yang anda ketahui dari tarian ini ?

Tari Patuddu adalah salah satu tari daerah atau tari tradisional dari Provinsi Sulawesi Barat.Tari Patuddu merupakan tarian yang cukup populer di Sulawesi Barat dan sering ditampilkan pada berbagai acara seperti penyambutan tamu, pertunjukan seni maupun festival budaya. Tari Patuddu ditarikan dengan lemah gemulai oleh beberapa orang wanita dengan membawa properti kipas.

Tari Patuddu dulunya ditampilkan untuk menyambut para prajurit yang pulang dari medan perang. Menurut sejarahnya, pada zaman dahulu di daerah Sulawesi Barat pernah terjadi peperangan antara Kerajaan Balanipa dan Passokorang. Sepulangnya dari perang, Kerajaan Balanipa mempunyai caranya tersendiri untuk menyambut para pasukan yang pulang dari medan perang tersebut, salah satunya dengan menampilkan Tari Patuddu ini. Selain sebagai wujud penghormatan untuk para pahlawan, tarian ini digunakan untuk hiburan bagi para pasukan. Seiring dengan berakhirnya peperangan, Tari Patuddu ini kemudian lebih difungsikan sebagai tarian penyambutan Raja maupun para tamu penting yang datang ke sana. Hal tersebut berlanjut dan menjadi tradisi masyarakat Mandar hingga sekarang.

Tari Pattuddu merupakan tarian tradisional suku Mandar, yakni suku yang sebagian besar mendiami provinsi Sulawesi Barat. Tarian ini dimainkan untuk menyambut para tamu-tamu kehormatan yang datang baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tradisi penyambutan tamu kehormatan di Sulawesi Barat ini agak berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Para tamu kehormatan tidak hanya disambut dengan pagar ayu atau pengalungan bunga, tetapi juga dengan tari Pattuddu. Dahulu tarian ini ditarikan oleh orang dewasa, namun pada saat ini tarian ini ditarikan oleh anak SD.

Menurut Asdy (2004) Semua jenis Pattuddu atau tarian yang ada di kawasan Mandar semuanya bernama Pattuddu yang berbeda judul atau nama dari tarian tersebut, namun tidak disangka tentunya ada pula yang memiliki persamaan seperti Balanipa, Banggae, Pamboang, serta Sendana, sedangkan Tappalang dan Mamuju memiliki jenis dari Pattuddu’ yang lain. Pattuddu terdiri dari asal kata Tuddu’ (tari) dan pa’ adalah pelaku, jadi Pattuddu adalah penari. Jadi Pattuddu’ adalah sebuah gerakan dari pelaku yang berbusana adat daerah dan dipandu oleh lagu serta diiringi oleh gendang dan gong atau alat kesenian lainnya.