Apa yang dimaksud dengan Tari Manduda?

Tari Manduda

Tari Manduda adalah tari adat tradisional yang berasal dari Indonesia dan ditarikan oleh Masyarakat Simalungun. Apa yang anda ketahui dari Tari ini ?

Tari Manduda adalah salah satu dari sekian banyak seni tari tradisi budaya di Simalungun. Tari ini telah ada sejak jaman dahulu kala yaitu pada jaman kerajaan Simalungun. Tari Manduda ini pada jaman dahulu digunakan dilakukan oleh para petani di sawah mulai dari menanam padi hingga menuai padi. Tarian ini terkesan gembira melalui gerakan tari yang lincah serta lemah gemulai seperti menampis dan mengirik padi.

Tari Manduda dipertunjukkan sebagai ungkapan rasa syukur atas panen raya. Tarian menggambarkan kehidupan petani turun ke sawah dengan suasana gembira, mulai menanam padi hingga sampai kepada suasana panen. Gerak memotong padi, mengirik dan menampis padi tergambar lewat gerakan-gerakan tarian ini, yang dilakukan secara gemulai dan lincah.

Tari manduda adalah tari rakyat Simalungun, tari manduda tidak memiliki gerakan baku, tari manduda pada setiap daerah atau tempat juga memiliki teknik yang berbeda. Namuni pada dasarnya, inti dari tari manduda disemua tempat sama, yaitu menceritakan tentang proses memanen dan kegembiraan masyarak simalungun atas keberhasilan panen. Tari ini menggambarkan tarian suka cita dalam memanen padi, tari manduda pada masyarakat Simalungun merupakan gambaran dari kehidupan masyarakat Simalungun yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Pendidikan krakter yang terdapat dalam tari Manduda dapat dilihat dari makna gerak dan makna musik pengiring tari Manduda adalah bersahabat/komunikatif, bekerja sama, kreatif, mandiri, santun dan hormat, jujur, toleransi, disiplin, peduli sosial, cinta damai, dan demokratis.