Apa yang dimaksud dengan Tari Legong Bali?


Dewasa kini, kita tahu bahwasanya sudah banyak tari yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Legong Bali yang berasal dari Bali. Lalu, apa informasi lain yang kamu ketahui mengenai Tari Legong Bali tersebut?

Tari legong Bali ialah tarian yang berlatar belakang kisah cinta Raja dari Lasem (rembang, pada zaman kerajaan Majapahit). Ditarikan secara dinamis dan memikat hati.

Tari Legong dahulu dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19 paruh kedua. Idenya diawali dari seorang pangeran dari Sukawati yang sedang sakit keras bermimpi melihat dua gadis menari dengan lemah gemulai diiringi oleh gamelan yang indah. Ketika sang pangeran pulih dari sakitnya, mimpinya itu dituangkan dalam repertoar tarian dengan gamelan lengkap.

Tari-tari legong yang ada di Bali pada awalnya diiringi oleh gamelan yang disebut Gamelan Pelegongan. Perangkat gamelan ini terdiri dari dua pasang gender rambat, gangsa jongkok, sebuah gong, kemong, kempluk, klenang, sepasang kendang krumpungan, suling, rebab, jublag, jegog, gentorang. Sebagai tambahan, terdapat seorang juru tandak untuk mempertegas karakter maupun sebagai narrator cerita melalui tembang. Namun, seiring perkembangan zaman dan populernya gamelan gong kebyar di Bali, akhirnya tari-tari palegongan ini pun bisa diiringi oleh gamelan Gong Kebyar, karena tingkat fleksibilitasnya.