Apa yang dimaksud dengan Tari Janger Bali?


Dewasa kini, kita tahu bahwasanya sudah banyak tari yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Janger Bali yang berasal dari Bali. Lalu, apa informasi lain yang kamu ketahui mengenai Tari Janger Bali tersebut?

Tari janger adalah tarian Bali yang tergolong tari Balih-balihan, dimana bentuknya adalah tari pergaulan muda-mudi dan penuh nyanyian-nyanyian dan di tarikan secara masal. Berdasarkan data-data yang ada bahwa tari janger muncul sekitar tahun 1920 pertama kali di daerah Bali utara.

Asal mula timbulnya tari janger ini adalah dimulai dari nyanyian bersaut-sautan dari orang-orang yang memetik kopi,dimana untuk menghapuskan kelelahannya meraka menyanyi bersaut-sautan antara kelompok perempuan.dari bentuk yang sangat sederhana ini kemudian berkembang dan menjadilah Tari janger seperti yang ada ini di Bali. Tari Janger yang kini telah menjadi pertunjukan yang berlakon,di dalam pementasanya ditampilkan antara 10-16 orang pasang penari pria dan wanita.Kelompok penari pria dinamakan Kecak dan kelompok penari wanitanya di namakan Janger.