Apa yang dimaksud dengan Sucralfate?

Apa yang dimaksud dengan Sucralfate?

Sucralfate adalah obat yang tergolong ke dalam senyawa sitoprotektif. Obat sitoprotektif dapat mencegah jaringan mukosa lambung dan usus halus dari kerusakan akibat asam lambung. Obat ini adalah suatu senyawa kompleks aluminium hidroksida dan sukrosa sulfat yang berfungsi sebagai antasida minimal. Sucralfate digunakan sebagai obat saluran pencernaan yang dikonsumsi secara oral terutama untuk mengobati luka terbuka pada jaringan usus halus (ulkus duodenum).

Sucralfate adalah obat yang bekerja pada lingkungan yang bersifat asam. Di dalam sistem pencernaan sucralfate akan bereaksi dengan asam klorida. Reaksi keduanya menghasilkan senyawa kompleks yaitu senyawa yang mengandung atom atau ion, biasanya merupakan logam. Senyawa kompleks tersebut kental seperti pasta dan bertindak sebagai penyangga asam selama 6 sampai 8 jam.

Selain itu, sucralfate juga merangsang produksi bikarbonat dan bertindak seperti penyangga asam dengan sifat sitoprotektif. Sucralfate menempel pada protein di permukaan ulkus seperti albumin dan fibrinogen yang membentuk senyawa kompleks larut air dan stabil. Kompleks ini berfungsi sebagai penghalang dan pelindung permukaan ulkus serta mencegah kerusakan lebih lanjut yang disebabkan karena asam, enzim pepsin, dan empedu.

Efek samping yang bisa terjadi jika mengonsumsi obat ini adalah konstipasi, diare, mulut kering, gangguan pencernaan, mual dan kram atau nyeri perut; ruam kulit atau gatal, pusing, dan sakit punggung. Sucralfate mengandung senyawa aluminium sehingga dapat menyebabkan toksisitas aluminium secara sistemik pada pasien yang mengalami gagal ginjal kronis.