Apa yang dimaksud dengan Skopolamin?

image

Skopolamin adalah Cairan tak berwarna, C17H21NO4, ditemukan di tanaman henbane yang bertindak sebagai depresan sistem saraf pusat dengan mengganti asetilkolin di lokasi reseptor saraf. Ini memiliki efek sedatif dan sering menyebabkan amnesia sehingga sedikit atau tidak ada yang diingat tentang periode efektifnya. Ini telah digunakan dalam dosis rendah untuk memerangi mabuk perjalanan. Juga disebut hyoscine.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Kegunaan

Hyoscine (juga dikenal sebagai skopolamin) digunakan untuk mengobati kram (kejang) pada perut, usus, ginjal, dan kandung kemih. Ini membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti sindrom iritasi usus besar, batu empedu, batu ginjal, dan kandung kemih yang terlalu aktif. Ia bekerja dengan memperlambat gerakan alami usus dan dengan mengendurkan otot-otot di bagian tubuh ini.

Hyoscine juga dapat digunakan sebelum prosedur medis tertentu (misalnya, endoskopi) bila diperlukan untuk mengendurkan otot polos lambung dan usus (saluran gastrointestinal). Obat ini adalah alkaloid belladonna. Itu termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai antispasmodik. Bentuk suntik hyoscine ini digunakan ketika obat yang sama tidak dapat diminum atau bila diperlukan respon yang sangat cepat.

Cara Penggunaan

Obat ini biasanya disuntikkan oleh ahli kesehatan selama 1 menit ke pembuluh darah atau otot atau di bawah kulit seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Beritahu dokter jika kondisi kamu tidak berubah atau menjadi lebih buruk.

Efek samping

Mulut kering, mual, keringat berkurang, kemerahan, penglihatan kabur, sembelit, pusing, mengantuk, atau kemerahan / terbakar / nyeri di tempat suntikan dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera beri tahu dokter atau apoteker Anda.

Untuk meredakan mulut kering, isap permen keras (tanpa gula) atau keripik es, kunyah permen karet (tanpa gula), minum air, atau gunakan pengganti air liur.

Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk:

  • sesak napas
  • kesulitan buang air kecil
  • detak jantung cepat / tidak teratur
  • perubahan mental / suasana hati (misalnya, kebingungan)

Obat ini dapat meningkatkan tekanan di dalam mata orang dengan jenis penyakit mata tertentu (glaukoma sudut sempit) atau mereka yang berisiko untuk itu. Dapatkan bantuan medis segera jika salah satu dari efek samping yang jarang tetapi sangat serius ini terjadi:

  • masalah penglihatan (misalnya, kehilangan penglihatan)
  • sakit mata

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk:

  • ruam
  • gatal / bengkak (terutama pada wajah / lidah / tenggorokan)
  • pusing parah
  • kesulitan bernapas

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Tindakan pencegahan

Sebelum menggunakan hyoscine, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau ke alkaloid belladonna lainnya (misalnya, atropin, hyoscyamine); atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan tidak aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari:

  • myasthenia gravis
  • glaukoma
  • kesulitan buang air kecil (misalnya karena pembesaran prostat)
  • masalah jantung tertentu (angina, detak jantung cepat / tidak teratur, gagal jantung, stenosis katup mitral)
  • masalah perut / usus lainnya (misalnya, usus lambat, penyumbatan, megakolon, infeksi, kolitis ulserativa)
  • tekanan darah tinggi
  • tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme)
  • penyakit ginjal
  • penyakit hati
  • masalah mulas (mis., refluks asam, hernia hiatus)

Obat ini bisa membuat Anda pusing atau mengantuk atau mengaburkan penglihatan Anda. Alkohol atau mariyuana (ganja) bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan atau penglihatan yang jelas sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan mariyuana (ganja).

Obat ini dapat meningkatkan risiko sengatan panas karena mengurangi keringat. Hindari kepanasan dalam cuaca panas, sauna, dan selama berolahraga atau aktivitas berat lainnya.

Perhatian disarankan saat menggunakan obat ini pada orang tua karena mereka mungkin lebih sensitif terhadap efek obat, terutama pusing, kantuk, mulut kering, kesulitan buang air kecil, atau masalah mata.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya jika dibutuhkan dengan jelas. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Obat ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Sumber