Apa yang dimaksud dengan Skala Likert?

Skala Likert adalah skala psikometri yang menggunakan format item di mana mengharuskan responden untuk menunjukkan tingkat persetujuan mereka dengan daftar pernyataan. Skala Likert sering digunakan dalam kuesioner, ukuran sikap, dan tes kepribadian. Skala likert memberikan ukuran sejauh mana individu mendukung berbagai ide, posisi, dan sikap.

Skala likert dapat digunakan untuk memungkinkan jawaban netral atau untuk memaksa responden memberikan tanggapan positif atau negatif. Misalnya, responden mungkin diminta untuk menunjukkan tingkat persetujuan mereka dengan pernyataan “Saya percaya diri dalam situasi baru”.

Menggunakan skala Likert 5 poin tradisional, responden mungkin diminta untuk menjawab sebagai “sangat setuju,” “agak setuju,” “tidak setuju,” “agak tidak setuju,” atau “sangat tidak setuju.” Titik tengah memungkinkan respons netral terhadap pernyataan ini. Sebaliknya, jika peneliti ingin membuat ukuran pilihan paksa, skala Likert 6 poin dapat digunakan yang mengharuskan responden untuk memilih dari “sangat setuju”, “cukup setuju”, “agak setuju”, “agak tidak setuju”, " cukup tidak setuju, “atau” sangat tidak setuju ".

Skala likert menyediakan data ordinal yang memungkinkan perbandingan dukungan relatif dari berbagai sikap, tetapi tidak memungkinkan untuk penghitungan kuantitatif yang lebih kompleks yang memerlukan interval yang sama atau nol absolut. Skala likert dapat menjadi sasaran analisis faktor untuk menentukan pengelompokan statistik dari item terkait, sikap, dan nilai.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology