Apa yang dimaksud dengan sistem keuangan?

Apa yang dimaksud dengan sistem keuangan ?

Sistem keuangan adalah serangkaian institusi dan praktik spesifik global, regional, atau perusahaan yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran dana. Apa yang dimaksud dengan sistem keuangan ?

1 Like

Sistem keuangan dapat diartikan sebagai kumpulan institusi, pasar, ketentuan perundangan, peraturan-peraturan, dan teknik-teknik dimana surat berharga diperdagangkan, tingkat bunga ditetapkan, dan jasa-jasa keuangan (financial services) dihasilkan serta ditawarkan ke seluruh bagian dunia (Rose : 2002).

Sistem keuangan, yang terdiri dari otoritas keuangan, sistem perbankan, dan sistem lembaga keuangan bukan bank, pada dasarnya merupakan tatanan dalam perekonomian suatu negara yang memiliki peran utama dalam menyediakan fasilitas jasa-jasa keuangan. Fasilitas jasa keuangan tersebut diberikan oleh lembaga-lembaga keuangan, termasuk pasar uang dan pasar modal. Sistem keuangan yang stabil adalah sistem keuangan yang kuat dan tahan terhadap berbagai gangguan ekonomi sehingga tetap mampu melakukan fungsi intermediasi, melaksanakan pembayaran dan menyebar risiko secara baik.

Stabilitas sistem keuangan adalah suatu kondisi dimana mekanisme ekonomi dalam penetapan harga, alokasi dana dan pengelolaan risiko berfungsi secara baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi.” Salah satu masalah krusial dalam sistem keuangan yang dapat menjadi sumber instabilitas keuangan (financial instability) yakni menyangkut terjadinya asimetri/ketidaksamaan informasi (asymmetric information), yakni suatu situasi dimana satu pihak yang terlibat dalam kesepakatan keuangan tidak memiliki informasi yang akurat dibanding pihak lain. sebagai contoh, peminjam (debitur) biasanya memiliki informasi yang lebih baik tentang keuntungan dan kerugian potensial dari suatu proyek investasi yang direncanakan dibandingkan dengan pihak pemberi pinjaman (kreditur).

Sistem keuangan adalah suatu jaringan dari berbagai unsur-unsur yang saling terkait yang terdiri dari rumah tangga, lembaga pemerintah, lembaga keuangan yang membentuk pasar keuangan. Lembaga keuangan sangat diperlukan dalam perekonomian modern sebagai mediator antara kelompok masyarakat yang kelebihan dana (rumah tangga) dan kelompok masyarakat yang memerlukan dana (pengusaha). Atau secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut.

image
Dari gambar di atas, fungsi sistem keuangan yaitu menstransfer dana-dana dari unit surplus kepada unit unit defisit. Dana-dana yang terkumpul dalam pasar keuangan mempertemukan pihak yang membutuhkan danan dengan pihak yang menawarkan dana.

Fungsi Sistem Keuangan

  1. Menyediakan mekanisme pembayaran
  2. Menyediakan kredit bagi unit defisit
  3. Menciptakan uang melalui penyediaan kredit dan mekanisme pembayaran
  4. Memberikan sarana penyimpanan dana dalam berbagai jenis simpanan

Sistem keuangan dalam perekonomian memiliki fungsi pokok sebagai berikut.

  1. Fungsi tabungan
  2. Fungsi penyimpanan kekayaan
  3. Fungsi likuiditas
  4. Fungsi kredit
  5. Fungsi pembayaran
  6. Fungsi risiko
  7. Fungsi kebijakan
Referensi

Adiyanto, Yoga et al… 2019. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Serang : Penerbit Qiara Media.