© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi?

Dalam berbagai bidang, Sistem Informasi sangatlah dibutuhkan, akan tetapi banyak dari kita tidak mengerti tentang hal itu. Untuk mengetahuinya lebih dalam mari kita bahas, Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi ?

Ada beberapa definisi mengenai sistem informasi:

  1. Sistem informasi adalah kumpulan komponen yang saling bekerja untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk membantu dalam pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis, dan visualisasi dalam organisasi.

  2. Sistem informasi adalah kombinasi hardware, software, jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk mengumpulkan, membuat, dan mendistribusikan data, biasanya dalam lingkup organisasi.

  3. Sistem informasi adalah penyatuan dari jaringan hardware dan software yang digunakan oleh orang dan organisasi **untuk mengumpulkan, menyaring, membuat, dan mendisribusikan data.

Ringkasan

-https://bus206.pressbooks.com/chapter/chapter-1/

  • Sistem
    memiliki pengertian bahwa dalam sekumpulan orang yang yang saling bekerjasama secara terstruktur dan teratur dengan fungsi yang sama yaitu menentukan suatu keputasan atau pun mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Informasi sendiri merupakan hasil dari data yang diolah agar lebih berguna serta berarti bagi penggunanya untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan dalam suatu keadaan.

Sehingga Sistem informasi didefinisikan sebagai perangkat lunak yang membantu mengatur dan menganalisa data. Jadi, tujuan sistem informasi adalah mengubah data mentah menjadi informasi bermanfaat yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.selain itu, merupaka seperangkat komponen terpadu untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data dan untuk menyediakan informasi, pengetahuan, dan produk digital.

Sistem Informasi menurut seorang ahli
John F. Nash: Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash adalah "kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat."

Sebuah Perusahaan bisnis dan organisasi lainnya bergantung pada sistem informasi untuk melaksanakan dan mengelola operasi mereka, yaitu berinteraksi dengan pelanggan dan pemasok mereka, serta bersaing di pasar.

Sistem informasi digunakan untuk menjalankan rantai pasokan antar organisasional dan pasar elektronik. Misalnya, perusahaan menggunakan sistem informasi untuk memproses akun keuangan, mengelola sumber daya manusia mereka, dan untuk menjangkau calon pelanggan mereka dengan promosi online.

Banyak perusahaan besar dibangun seluruhnya di seputar sistem informasi. Ini termasuk eBay, sebagian besar pasar lelang; Amazon, mal elektronik dan penyedia jasa komputasi awan yang meluas; Alibaba, business-to-business e-marketplace,dan Google. Pemerintah menerapkan sistem informasi untuk memberikan layanan yang efektif bagi warga berupa gadget - seperti buku elektronik, produk video, dan perangkat lunak - dan layanan online, seperti game dan jejaring sosial, dilengkapi dengan sistem informasi. Individu mengandalkan sistem informasi, umumnya berbasis internet, untuk melakukan sebagian besar kehidupan pribadi mereka: untuk bersosialisasi, belajar, berbelanja, perbankan, dan hiburan.

Ringkasan

th17NMEK0K
Secara umum sistem informasi adalah kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur dan Manusia/user terlatih yang diorganisir untuk memfasilitasi perencanaan, pengendalian, koordinasi, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

Secara khusus sistem informasi juga bisa disebut suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Biasanya suatu perusahan atau badan usaha menyediakan semacam informasi yang berguna bagi manajemen. Sebagai contoh: Perusahaan toko buku mempunyai sistem informasi yang menyediakan informasi penjualan buku-buku setiap harinya, serta stock buku-buku yang tersedia.

Sumber :

Database merupakan data-data yang terkumpul dan tersusun dengan aturan dan ketentuan yang semuanya saling berelasi untuk dapat mempermudah pengguna untuk mengelola dan memperoleh informasi. Di dalam database terdapat sekumpulan, tabel ataupun arsip yang semuanya saling berhubungan dan tersimpan di dalam sebuah media elektronik.
adapun menurut para ahli antara lain :

  1. Menurut Sutabri (2005)
    Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  2. Menurut Gordon B. Davis (1991)
    Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

  3. Menurut Hanif Al-Fatta (2009)
    Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.

  4. Menurut John F. Nash (1995)
    Sistem informasi merupakan Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

  5. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis (1999)
    Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Ringkasan

http://www.pelajaran.co.id/2017/29/pengertian-sistem-informasi-menurut-ahli.html

Sistem Informasi (SI) merupakan gabungan dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi ini sering dipakai untuk merujuk pada interaksi antar orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam penjelasan ini, istilah yang dipakai untuk merujuk tidak hanya untuk penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.

Secara luas Sistem Informasi bisa dijelaskan sebagai suatu sistem didalam sebuah organisasi yang merupakan pencampuran dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media prosedur & pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, melakukan proses tipe transaksi rutin, memberikan sinyal kepada suatu manajemen terhadap segala peristiwa yang bersifat eksternal maupun internal dan memberikan suatu informasi yang nantinya dijadikan sebagai pengambilan sebuah keputusan.

Ada beberapa menurut para ahli yang mendefinisikan Sistem Informasi sebagai berikut :

  1. Erwan Arbie
    Menurut Erwin Arbie Sistem informasi merupakan suatu sistem dari dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

  2. Tafri D. Muhyuzir
    Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem informasi ialah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

  3. O’Brien
    Menurut O’Brien Sistem informasi ialah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.

  4. Leitch Rosses
    Menurut Leitch Rosses Sistem informasi express ialah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  5. Lani Sidharta
    Menurut Lani Sidharta Sistem informasi ialah suatu sistem buatan manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

Ringkasan

http://www.seputarilmu.com/2015/12/10-pengertian-sistem-informasi-menurut.html

sistem informasi bisa diartikan sebagai suatu sistem atau susunan yang dibuat sedemikian rupa untuk meneruskan suatu proses informasi. Sistem informasi saat ini banyak digunakan pada komputer, namun demikian, pada dasarnya pengaplikasian dari sistem informasi ini tidak melulu hanya berfokus pada komputer, namun teknologi – teknologi lainnya, seperti telegram, telepon rumah, dan masih banyak lagi.

Sistem atau system merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu systeme. Systeme sendiri merujuk pada arti keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian, dan juga sebagai suatu hubungan yang berlangsung antar komponen secara teratur.

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. -`Jerry FithGerald

Sistem merupakan seperangkat unsur – unsur yang saling terikat satu sama lain dalam suatu inter-relasi diantara berbagai unsur tersebut di dalam sebuah lingkungan.- Ludwig Von Bartalanfy

Bahwa suatu sistem merupakan suatu kumpulan dan juga kesatuan dari berbagai perangkat hubungan satu dengan yang lainnya.- Anatol Raporot

Sistem merupakan sebuah kesatuan, baik secara konvensional maupun fisik, yang mana terdiri dari bagian – bagian dalam kedaan yang saling tergantung sama lainnya.- L. Ackof

Sistem adalah sekumpulan komponen – komponen yang saling berkaitan satu sama lain, yang memiliki batasan – batasan tertentu yang jelas. Lebih lanjut dikatakan pula, bahwa sistem dapat saling bekerjsa bersamaan dalam mencapai tujuan, dengan cara menerima input dan menghasilkan output dalam suatu proses yang terorganisir.- O’Brien & Marakas (2008)

Ringkasan

https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/pengertian-sistem-informasi

Sistem informasi merupakan kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang mengolah data menggunakan perangkat keras dan lunak tersebut. Data memiliki peranan dalam sistem informasi. Data yang dimasukkan adalah sebuah sistem informasi dapat berupa formulir-formulir, prosedur dan bentuk data lainnya. Komponen-komponen sistem informasi terdiri dari sebagai berikut:

  1. Input
    Input adalah semua data yang dimasukkan ke dalam sebuah sistem informasi.

  2. Proses
    Proses merupakan kumpulan prosedur untuk memanipulasi input yang kemudian disimpan dalam bagian basis data dan seterusnya diolah menjadi suatu output yang digunakan oleh penerima.

  3. Output
    Output merupakan semua keluaran atau hasil dari model yang sudah diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dapat dipakai penerima. Komponen ini berhubungan langsung dengan pemakai sistem informasi dan merupakan tujuan akhir dari pembuatan sistem informasi.

  4. Basis data
    Basis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lain yang disimpan dalam perangkat keras komputer dan diolah menggunakan perangkat lunak. Basis data merupakan kumpulan file yang memiliki keterkaitan antara satu file dengan file yang lain sehingga membentuk satu bangunan data.

  5. Teknologi
    Teknologi merupakan bagian yang berfungsi untuk memasukkan input, mengolah input dan menghasilkan keluaran. Teknologi ini meliputi hardware, software, brainware.

  6. Kendali
    Kendali merupakan semua tindakan yang diambil untuk menjaga sistem informasi tersebut agar berjalan dengan lancar dan tidak mengalami gangguan (Kristanto, 2003).

Menurut Laudon (2012) sistem informasi adalah komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerja bersama-sama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menampilkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengaturan, analisa, dan visualisasi pada sebuah organisasi.

Menurut Whitten, Bentley, dan Ditman (2009) sistem informasi adalah pengaturan orang, data, proses, dan informasi (TI) atau teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah intansi atau organisasi.

Menurut O’Brien (2010) mengatakan bahwa komponen Sistem Informasi terbagi atas beberapa hal, yaitu:

  1. Sumber daya data (sebagai data dan pengetahuan).
  2. Sumber daya Manusia (sebagai pemakai akhir dan ahli SI).
  3. Sumber daya software (sebagai program dan prosedur).
  4. Sumber daya hardware (mesin dan media).
  5. Sumber daya jaringan (sebagai media komunikasi dan dukungan jaringan).

Bedasarkan dari pernyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem informasi merupakan suatu sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

Ringkasan

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-2-00081-MNSI%20Bab2001.pdf