Apa yang dimaksud dengan Sinbiotik?

Sinbiotik

Sinbiotik merupakan kombinasi probiotik dengan prebiotik yang keduanya saling bersinergi secara seimbang untuk terapi nutrisi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2 Likes

Sinbiotik berasal dari kata syn berarti sinergi dan biotic berarti hidup. Sinbiotik berarti potensi yang sinergi antara probiotik dan prebiotik berada didalam suatu makanan. Subtansi prebiotik memiliki dampak positif bagi mikroflora usus terutama bakteri probiotik yang berfungsi sebagai subtansi makanan dari probiotik (Hui, 2012).

Sinbiotik merupakan istilah yang digunakan dalam penamaan pada produk makanan yang didalamnya terdapat campuran antara probiotik dan prebiotik. Makanan ini menggunakan campuran prebiotik dan probiotik karena memiliki mekanisme kerja yang baik dalam meningkatkan daya tahan usus. Makanan sinbiotik ini juga dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen, dimana probiotik berkompetisi dalam pemanfaatan nutrisi. Sedangkan prebiotik merangsang enzim pencernaan pankreas memproduksi zat antibakteri atau bakteriosin (Sudarmo,2003).

Mengkonsumsi makanan yang bersifat sinbiotik dapat memberikan dampak positif pada sistem pencernaan terutama mikroflora normal usus. Selain memberi kesehatan dalam pencernaan dan kekebalan tubuh terdapat banyak manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik ini, diantaranya ialah mencegah konstipasi, mengurangi kanker kolon, mengurangi insomnia dan memiliki peran dalam mengurangi stres (Winarti, 2010).

Pada umumnya makanan sinbiotik yang beredar dikalangan masyarakat ialah berupa minuman yang disebut minuman sinbiotik atau minuman kesehatan merupakan makanan suplemen fungsional yang memberikan dampak positif dalam tubuh manusia. Salah satu manfaat minuman sehat ini ialah terjaganya kesehatan saluran pencernaan manusia, secara khusus minuman ini mengurangi penyakit kanker kolon (Gibson, 1995).

Untuk mengatur mikroflora pencernaan digunakan sinbiotik, yakni kombinasi antara probiotik dan prebiotik. Dengan kata lain probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang menguntungkan dan prebiotik merupakan subtrat yang digunakan probiotik untuk hidup.

Salah satu contoh dalam makanan sinbiotik ialah fruktooligosakarida (FOS) dengan Bifidobakterium atau laktitol dengan Lactobacillus. Keuntungannya ialah meningkatkan daya tahan hidup probiotik karena subtrat yang spesifik telah diperoleh (Wageha, 2008).

Sinbiotik didefinisikan sebagai produk yang mengandung probiotik dan prebiotik (Schrezenmeir dan de Vrese, 2001). Sementara itu, Kaur et al. (2002) mendefinisikan sinbiotik sebagai campuran probiotik dan prebiotik yang dapat memperbaiki ketahanan hidup dan kultivasi pada saluran cerna dari suplemen diet yang berisi mikroorganisme hidup, baik dengan melalui stimulasi pertumbuhan maupun secara metabolik mengaktivasi bakteri yang dapat menguntungkan. Kombinasi probiotik dan prebiotik yang cocok atau kompatibel dapat meningkatkan ketahanan hidup dan aktivitas probiotik, contohnya FOS yang dikombinasikan dengan strain bifidobacteria atau laktitol yang dikombinasikan dengan lactobacilli (Gibson dan Roberfroid, 1995). Kombinasi probiotik dan prebiotik mempunyai efek sinergistik karena selain dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan yang sudah ada di kolon, sinbiotik juga memperbaiki sifat ketahanan hidup, kultivasi, dan pertumbuhan strain probiotik baru yang ditambahkan (Nagpal et al., 2007; Nagpal dan Kaur, 2011). Konsep sinbiotik telah digunakan secara luas oleh produsen minuman susu dan yogurt di Eropa. Kombinasi bifidobacteria dan oligofruktosa dilaporkan dapat secara sinergis memperbaiki kersiogenesis kolon pada tikus jika dibandingkan dengan ketika diberikan secara individual (Gallaher dan Khil, 1999). Penelitian ini menunjukkan bahwa sinbiotik yang mengandung Pediococcuc pentoseceus, leuconostoc mesenteroides, lactobacillus paracasei, dan L. Plantarum dengan empat macam serta, yaitu Ī²-glukan, inulin, pektin, dan pati resistan, ternyata dapat menurunkan ternadinya infeksi pascaoperasi sebesar 48% menjadi 13% pada 66 pasien yang menjalankan transplantsi hati (Rayes et al., 2005).

Sebagian besar klain manfaat kesehatan beberapa sinbiotik ada pada masalah kesehatan umum (Gibson dn Roberfroid, 1995). Belum ada penelitian klinis mengenai kombinasi yang cocok antara probiotik dan prebiotik yang dapat secara spesifikmenargetkan penurunkan serum kolesterol pada hewa coba dan manusia.

Referensi

Lestari, L A dan Helmyati, S. 2018. Peran Probiotik di Bidang Gizi dan kesehatan. Yogyakarta : UGM Press.

Sinbiotik (Synbiotic) mengacu pada bahan makanan atau suplemen makanan yang menggabungkan antara probiotik dan prebiotik dalam bentuk sinergisme. Konsep sinbiotik pertama kali diperkenalkan sebagai "campuran probiotik dan prebiotik yang menguntungkan karena memengaruhi inang dengan meningkatkan kelangsungan hidup dan implantasi suplemen makanan mikroba hidup dalam saluran pencernaan, dengan merangsang pertumbuhan secara selektif dan atau dengan mengaktifkan metabolisme satu atau beberapa terbatasnya jumlah bakteri pemacu kesehatan, sehingga meningkatkan kesejahteraan inang ". Pada 2018, penelitian tentang konsep ini masih pendahuluan, tanpa bukti berkualitas tinggi dari penelitian klinis bahwa manfaat tersebut ada.

Sinbiotik mungkin merupakan sinbiotik komplementer, dimana setiap komponen dipilih secara independen untuk efek potensial pada kesehatan inang, atau sinbiotik sinergis, di mana komponen prebiotik dipilih untuk mendukung aktivitas probiotik yang dipilih. Penelitian sedang mengevaluasi apakah sinbiotik dapat dioptimalkan, (dikenal sebagai ā€˜optibiotikā€™) yang dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan manfaat kesehatan dari probiotik yang ada.

Probiotik adalah bakteri hidup yang dimaksudkan untuk menjajah usus besar, meskipun pada 2018 tidak ada bukti bahwa menambahkan bakteri makanan pada orang sehat memiliki efek tambahan. Prebiotik adalah produk suplemen makanan atau makanan yang dapat menyebabkan pertumbuhan atau aktivitas mikroorganisme yang menguntungkan. Prebiotik mungkin merupakan serat, tetapi serat belum tentu prebiotik.

Menggunakan prebiotik dan probiotik dalam kombinasi dapat digambarkan sebagai sinbiotik, tetapi United Nations Food & Agriculture Organization merekomendasikan istilah ā€œsinbiotikā€ hanya digunakan jika manfaat kesehatan netto sinergis. Formulasi simbiotik dalam kombinasi dengan ASI yang dipasteurisasi sedang dalam penelitian klinis awal untuk potensinya untuk memperbaiki nekrotikan enterokolitis pada bayi, walaupun ada bukti yang tidak cukup untuk menjamin merekomendasikan simbiotik untuk penggunaan ini pada tahun 2016.

Referensi
  1. Pandey KR, Naik SR, Vakil BV (2015). ā€œProbiotics, prebiotics and synbiotics- a reviewā€. J Food Sci Technol. 52 (12): 7577ā€“87.
  2. Gibson GR, Roberfroid MB (1995). ā€œDietary modulation of the human colonic microbiota: introducing the concept of prebioticsā€. J. Nutr. 125 (6): 1401ā€“12.
  3. Rastall, RA. ā€œTargeted Synbiotics to Manipulate the Microbiome for Healthā€ (PDF). p. 10.
  4. Kolida, S; Gibson, GR; Rastall, RA (20 June 2017). ā€œDevelopment of a Targeted Synergistic Synbiotic for Lactobacillus plantarum LPLDLā€ (PDF).
  5. Rijkers GT, de Vos WM, Brummer RJ, Morelli L, Corthier G, Marteau P (2011). ā€œHealth benefits and health claims of probiotics: Bridging science and marketingā€. British Journal of Nutrition. 106 (9): 1291ā€“6.
  6. Pineiro M, Asp NG, Reid G, Macfarlane S, Morelli L, Brunser O, Tuohy K (2008). ā€œFAO Technical meeting on prebioticsā€. J Clin Gastroenterol. 42 Suppl 3 Pt 2: S156ā€“9.
  7. Johnson-Henry, K. C; Abrahamsson, T. R; Wu, R. Y; Sherman, P. M (2016). ā€œProbiotics, Prebiotics, and Synbiotics for the Prevention of Necrotizing Enterocolitisā€. Advances in Nutrition. 7 (5): 928ā€“937.

Produk sinbiotik adalah produk yang memiliki kombinasi yang baik antara prebiotik dan probiotik sehingga dapat meningkatkan konsentrasi bakteri baik yang mampu bertahan hidup dalam saluran pencernaan dengan melakukan fermentasi terhadap substrat (Collins and Gibson, 1999).

Efektivitas produk sinbiotik selain ditentukan oleh komponen prebiotik juga ditentukan oleh jumlah bakteri menguntungkan (probiotik) di dalamnya. Bakteri menguntungkan tersebut apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat bermanfaat bagi kesehatan inangnya dengan 2 memperbaiki keseimbangan mikroflora usus (FAO, 2002).

Manfaat utama dari konsumsi produk sinbiotik adalah menjaga kesehatan saluran cerna sehingga menurunkan resiko penyakit kanker kolon (Gibson dan Roberfroid, 1995). Mekanisme yang terjadi ketika mengonsumsi produk sinbiotik adalah terjadi perubahan kondisi pH dan kadar oksigen pada saluran usus, dengan demikian bakteri probiotik akan mengurangi bakteri patogen. Kombinasi probiotik dan prebiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang dapat bertahan pada saluran pencernaan dengan melakukan fermentasi (Collins and Gibson, 1999).

Konsumsi produk sinbiotik selama 4 minggu pada orang dewasa dan orang tua terbukti memberikan efek kesehatan (Granata et al., 2013). Shah (2017) menyebutkan bahwa konsumsi produk sinbiotik setelah 28 hari menunjukkan peningkatan jumlah probiotik, sedangkan Enterococci mengalami penurunan. Hal tersebut membuktikan bahwa minuman sinbiotik dapat berkontribusi memperbaiki fungsi metabolisme dan saluran pencernaan.