Apa yang dimaksud dengan Saham Speculative Stocks?

Saham

Saham Speculative Stocks adalah saham dari suatu perusahaan yang tidak bisa secara konsisten memperoleh penghasilan setiap tahunnya, namun memiliki kemungkinan penghasilan yang tinggi di masa mendatang, walaupun belum pasti. Apa yang dimaksud dengan Saham Speculative Stocks?

Speculative stocks merupakan saham yang secara konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun dan mempunyai kemungkinan penghasilan yang tinggi pada masa mendatang namun belum pasti.

Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut (Darmadji dan Fakhruddin, 2008). Menurut Fred dan Copeland (1999) saham merupakan tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan, selembar saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemiliknya.

Menurut Fahmi (2012:81) saham merupakan salah satu instrument pasar modal yang paling banyak diminati oleh investor, karena mampu memberikan tingkat pengembalian yang menarik. Saham adalah kertas yang tercantum dengan jelas nilai nominal, nama perusahaan, dan diikuti dengan hak dan kewajiban yang telah dijelaskan kepada setiap pemegangnya.

Harga saham sebagai harga jual saham sebagai konsekuensi dari posisi tawar antara
penjual dan pembeli saham, sehingga nilai pasar menunjukan fluktuasi dari harga
saham (Anoraga, 2001). Menurut Brigham dan Houston (2010) harga saham menentukan kekayaan pemegang saham. Maksimalisasi kekayaan pemegang saham diterjemahkan menjadi maksimalkan harga saham perusahaan. Harga saham pada satu waktu tertentu akan bergantung pada arus kas yang diharapkan diterima di masa depan oleh investor “rata-rata” jika investor membeli saham.

Saham merupakan surat berharga yang paling populer dan dikenal luas di masyarakat. Menurut Darmadji dan Fakhruddin (2012), ada beberapa jenis saham ditinjau dari kinerja perdagangannya, yaitu:

  • Saham unggulan (blue-chip stock)
  • Saham pendapatan (income stock)
  • Saham pertumbuhan (growth stock-well known)
  • Saham spekulatif (speculative stock)
  • Saham sklikal (counter cyclical stock)

Saham spekulatif (Speculative stock), yaitu saham suatu perusahaan yang tidak bisa secara konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun, akan tetapi memiliki kemungkinan penghasilan yang tinggi di masa mendatang, meskipun belum pasti adanya.