Apa yang dimaksud dengan sablon foil?

Sepengetahuan saya biasanya kaos distro ada yang menggunakan sablon jenis foil. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan jenis sablon ini?

Sablon foil adalah salah satu jenis sablon yang dalam proses pembuatannya menggunakan bahan kertas logam, prosesnya yaitu dengan menggunakan press heater maka bahan kertas foil akan pindah ke kaos. Pencetakan foil merupakan suatu pencetakan yang terdiri dari dua proses, yang meninggalkan suatu “tanda” metalik terang pada baju. Pertama, baju akan disablon dengan menggunakan suatu perekat, lalu dikeringkan. Selembar foil kemudian akan dipanaskan, dan ditempelkan kepada gambar yang dihasilkan oleh perekat tersebut. Ketika proses tersebut selesai, foil akan menempel dengan gambar tersebut, dan bagian yang berlebih akan dibuang.

Keuntungan menggunakan sablon jenis ini yaitu jenis sablo foil merupakan metode terbaik dalam menciptakan efek metalik sehingga dapat menarik perhatian seseorang. Namun, karena sablon ini terdiri dari dua proses, pencetakan foil tidak dapat menghasilkan suatu desain yang benar- benar bagus, memiliki tingkat detail yang tinggi, dan biasanya tidak terlalu tahan dengan aktivitas pencucian daripada baju - baju hasil metode pencetakan yang lainnya.

Referensi

https://vendorpedia.co.id/artikel/fashion/segala-hal-tentang-sablon-foil