Apa yang dimaksud dengan Risk Urgency Assessment pada Tools and Techniques dari Qualitative Risk Analysis?

Pada Qualitative Risk Analysis, terdapat beberapa Tools and Techniques. Salah satunya adalah Risk Urgency Assessment.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Risk Urgency Assessment pada Tools and Techniques dari Qualitative Risk Analysis?

Risk urgency assessment adalah metode untuk mengklasifikasikan risiko (yang sudah diklasifikasi oleh matriks probabilitas-dampak) yang berhubungan dengan waktu. Bahkan risiko yang lebih rendah dapat menjadi lebih penting daripada yang lebih tinggi jika akan terjadi dalam waktu dekat. Risiko mendesak semacam itu membutuhkan perhatian dan tindakan segera.

Risk urgency assessment juga dapat diartikan sebagai proses manajemen proyek yang meninjau dan menentukan waktu tindakan yang harus dilakukan lebih cepat daripada item risiko lainnya. Tujuan dari jenis penilaian risiko khusus ini adalah mengidentifikasi risiko jangka pendek. Hal ini memungkinkan manajer proyek untuk mengidentifikasi risiko mana yang harus dianggap mendesak atau membutuhkan perhatian langsung mereka. Ada berbagai faktor yang dapat membantu manajer proyek dalam mengidentifikasi risiko jangka pendek untuk melakukan penilaian urgensi risiko secara efektif. Berikut adalah beberapa faktor yang mencirikan risiko jangka pendek.

  1. Time available: Tim manajemen proyek membutuhkan sejumlah waktu tertentu untuk mengimplementasikan respon dan respon tersebut hanya berguna jika mereka diimplementasikan dalam jangka waktu tertentu.

  2. Warning signs of risks: Tanda-tanda peringatan risiko juga disebut pemicu risiko. Mereka dapat membantu tim manajemen risiko mengidentifikasi jika risiko tertentu membutuhkan respon yang mendesak.

  3. Risk rating score: peringkat numerik berdasarkan pada dampak dan kemungkinan risiko. Ini berarti risiko dengan skor yang lebih tinggi adalah risiko yang mungkin segera terjadi.

Sumber: