Apa yang dimaksud dengan risiko murni?

manajemen_risiko

(Abhimata Aksara Elang) #1

Risiko adalah ketidakpastian tentang kejadian di masa depan. Sedang pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, risiko didefinisikan sebagai akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan.

Apa yang dimaksud dengan risiko murni?


(Yhanuar Alkhamislam) #2

Risiko murni adalah resiko yang bilamana terjadi, pasti akan memberikan kerugian. Namun apabila risiko ini tidak terjadi, juga tidak akan menimbulkan kerugian ataupun suatu keuntungan. Ada dua macam akibat yang muncul dari terjadinya risiko ini, terjadinya kebangkrutan yang disebabkan oleh kerugian atau terjadinya break event.

Macam-macam contoh dari risiko murni adalah seperti : pencurian, bencana alam, kebakaran atau kecelakaan. Contoh lain dari risiko murni adalah: terjadinya suatu risiko murni pada sebuah rumah makan yang diakibatkan dari kebakaran, rumah makan tersebut dapat dipastikan mengalami banyak kerugian, dikarenakan seluruh asetnya telah habis terbakar. Hanya akan ada dua macam akibat yang terjadi dari kebakaran tersebut. Akibat yang pertama adalah tutupnya rumah makan tersebut karena seluruh asetnya telah habis karena hangus terbakar atau ditutupnya sementara rumah makan tersebut dikarenakan pembangunan ulang dari rumah makan itu.

Sumber :
Pure Risk