Apa yang dimaksud dengan Representations of uncertainty?


Salah satu teknik Perform Quantitative Risk Analysis adalah Representations of uncertainty. Apa yang dimaksud dengan Representations of uncertainty?

Menurut buku The Project Management Body of Knowledge yang saya baca,
Representations of uncertainty atau dalam bahasa indonesia representasi ketidakpastian merupakan salah satu teknik di dalam menganalisis risiko performa secara kuantitatif. Representasi ketidakpastian ialah menganalisis nilai dari variabel yang tidak pasti , seperti durasi, biaya dan kebutuhan sumber daya.

Dalam menganalisis risiko kuantitatif perlu masukan risiko proyek itu sendiri dan sumber ketidakpastian lainnya. Perencanaan yang tidak pasti seperti, durasi, biaya, atau kebutuhan sumber daya dapat mewakili (kisaran nilai) sebagai probabilitas distribusi. Biasanya yang digunakan ialah distribusi segitiga, normal, lognormal, beta, seragam, atau diskrit.

Hati-hati ketika memilih probabilitas distribusi yang sesuai dengan kisaran nilai yang berpeluang untuk kegiatan yang direncanakan. Risiko proyek itu sendiri dapat ditutupi oleh probabilitas distribusi. Alternatifnya risiko dapat dimasukkan ke dalam model yang dianggap 'probabilistic branches’ atau probabilitas cabang , yang kegiatan pilihan ini ditambahkan ke dalam model untuk mewakili waktu dan dampak biaya dari risiko yang harus terjadi dan kemungkinan yang benar-benar terjadi dalam kondisi tertentu. Cabang sangat berguna untuk risiko yang mungkin terjadi secara independen dari kegiatan yang direncanakan yang risiko terkait, misalnya , dengan penyebab umum atau sebuah ketergantungan logika, korelasi digunakan dalam model untuk melihat hubungannya. Sumber ketidakpastian lain juga dapat diwakili menggunakan cabang untuk menggambarkan jalur alternatif melalui proyek.

Sumber PMBOK Edisi 6