Apa yang dimaksud dengan religiusitas?

kebahagiaan

(hanaaa) #1

Orang-orang yang taat pada agama sering disebut orang yang religius. Namun berbeda lagi dengan religiusitas. Apa yang dimaksud dengan religiusitas?


(aditya) #2

Beberapa pengertian religiusitas menurut para ahli adalah sebagai berikut :
Menurut Syafaat, Sahrani dan Muslih (2008)

Agama (religi) merupakan norma-norma abadi yang mengerti kehidupan manusia.

Menurut Siswanto (2007)

Agama adalah yang menentukan norma-norma hidup dan norma-norma etika. Sedangkan religiusitas adalah sikap keagamaan yaitu suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan kadar ketaatannya terhadap agama.

Menurut Mangunwidjaja,

Agama dan religiusitas merupakan kesatuan yang saling mendukung dan melengkapi karena keduanya merupakan konsekuensi logis manusia yang diibaratkan selalu mempunyai dua kutub, yaitu kehidupan pribadi dan kebersamaan ditengah masyarakat.

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Glock dan Stark yang memahami religiusitas sebagai percaya terhadap ajaran-ajaran agama tertentu dan dampak dari ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat (2009).

Menurut Nasution (2008),

Kata religi berasal dari bahasa latin yaitu religare yang berarti mengikat. Agama (religi) mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manusia.

Menurut Glock dan Stark (2005)

Agama atau religiusitas adalah sistem simbol, sis em keyakinan, sistem nilai, dan sistem perilaku yang terlembagakan, yang semuanya itu berpusat pada persoalan-persoalan yang dihayati sebagai yang paling maknawi (utimate meaning).