Apa yang dimaksud dengan Rasio Penilaian atau Valuation Ratio?

Rasio penilaian (valuation ratio), dimana rasio ini memberikan ukuran kemampuan manajemen menciptakan nilai pasar usahanya diatas biaya investasinya. Rasio ini merupakan ukuran kegiatan yang paling lengkap karena rasio ini mencerminkan rasio resiko (likuiditas dan solvabilitas) dan rasio pengembalian (aktifitas, profitabilitas dan pertumbuhan). Rasio penilaian ini penting sekali karena hubungannya dengan tujuan memaksimalkan nilai perusahaan dan kekayaan pemegang saham.

Apa yang dimaksud dengan Rasio Penilaian atau Valuation Ratio ?

Rasio Penilaian (Valuation Ratio) merupakan tolak ukur yang mengkaitkan hubungan antara harga pasar saham biasa dengan pendapatan perusahaan dengan nilai buku saham tersebut. Rasio-rasio ini dapat memberikan petunjuk kepada manajemen bagaimana para investor menilai kinerja perusahaan dan prospek yang diperkirakan di masa yang akan datang.

Rasio-rasio penilaian adalah ukuran kinerja yang paling menyeluruh untuk suatu perusahaan karena rasio ini mencerminkan pengaruh gabungan dari rasio hasil pengembalian dan resiko.

a. Rasio harga atau laba (Price to earning ratio)

Price to earning ratio = Harga pasar saham / Laba per lembar saham

Semakin tinggi price to earning ratio ini, maka akan memberikan indikasi bahwa kinerja perusahaan juga semakin baik. Namun dalam hal menganalisa price to earning ratio ini, perlu dikaitkan dengan pertumbuhan dari laba saham biasa agar tidak memperoleh kesimpulan yang menyesatkan.

b. Rasio harga pasar terhadap nilai buku (Market to Book Ratio)

Market to book ratio = Harga pasar saham biasa / Nilai buku

Rasio ini mengukur nilai yang diberikan pasar keuangan kepada manajemen dan organisasi perusahaan sebagai sebuah perusahaan yang terus tumbuh.

Market to book ratio perusahaan haruslah paling sedikit bernilai satu (1), yang berarti nilai pasar daripada perusahaan harus sama atau lebih besar daripada nilai buku perusahaan.