Apa yang dimaksud dengan rasio leverage atau rasio solvabilitas (Solvability)?

Apa yang dimaksud dengan Rasio Leverage atau Rasio Solvabilitas (Solvability)?

Rasio Leverage atau Rasio solvabilitas adalah rasio yang menunjukkan besarnya aktiva sebuah perusahaan yang didanai dengan utang. Artinya, seberapa besar beban utang yang ditanggung oleh perusahaan dibandingkan dengan aktivanya. Rasio ini merupakan ukuran yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh kewajibannya.

Apa yang dimaksud dengan rasio leverage atau rasio solvabilitas (Solvability) ?

2 Likes

rasio solvabilitas

Rasio-rasio solvabilitas digunakan untuk menggambarkan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka panjangnya, atau dengan kata lain financial leverage. Banyaknya hutang yang dimiliki suatu perusahaan menggambarkan jumlah uang dari luar perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan profit. Semakin tinggi jumlah hutang suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung dan return yang harus dibayarkan.

Rasio hutang yang biasa digunakan adalah debt ratio, times interest earned ratio, dan fixed-payment coverage ratio.

  • Debt ratio mengukur proporsi dari total asset yang didanai oleh kreditor perusahaan. Semakin tinggi nilai debt ratio, semakin tinggi pula jumlah uang kreditor yang digunakan dalam menghasilkan laba. Debt ratio dapat diukur dengan cara sebagai berikut:

    image

  • Debt-to-equity ratio adalah salah satu ukuran rasio solvabilitas yang akan digunakan dalam penelitian ini. Debt-to-equity ratio yang terlalu tinggi mengindikasikan hutang yang berlebihan, menandakan kemungkinan perusahaan akan tidak dapat membayar sesuai dengan kewajiban obligasinya. Debt-to-equity ratio digunakan dalam penelitian ini dan dapat diperoleh dengan pengukuran sebagai berikut:

    image

  • Times interest earned ratio mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar beban bunga hutang perusahaan. Semakin tinggi nilai rasio ini, maka semakin tinggi pula kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban bunganya. Times interest earned ratio dihitung dengan membagi pendapatan sebelum bunga dan pajak dibagi dengan jumlah bunga.

    image

Rasio leverage adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar aktiva yang dimiliki perusahaan berasal dari hutang atau modal, sehingga dengan rasio ini dapat diketahui posisi perusahaan dan kewajibannya yang bersifat tetap kepada pihak lain serta keseimbangan nilai aktiva tetap dengan modal yang ada.

Sebaiknya komposisi modal harus lebih besar dari hutang.

Rasi-rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar aktiva yang dimiliki oleh perusahaan yang berasal dari hutang atau modal antara lain :

a. Rasio Utang (Debt ratio)

Rasio Utang = Total Kewajiban / TotalAktiva

Rasio hutang menunjukkan besarnya modal dari luar perusahaan dibandingkan
dengan seluruh modal yang tertanam di dalam perusahaan. Semakin tinggi
debt ratio, maka hal ini menunjukkan bahwa aktiva perusahaan lebih banyak dibelanjai dengan hutang.

Para kreditur menginginkan debt ratio yang rendah, karena bila semakin tinggi rasio ini maka berarti semakin besar risiko para kreditur. Dengan debt ratio yang tinggi tersebut sulit bagi perusahaan untuk menarik modal pinjaman baru kecuali jika perusahaan ini menambah modal sendirinya terlebih dahulu.

b. Financial leverage

Financial leverage = Total Kewajiban / Total Modal Sendiri

Financial leverage ratio ini merupakan salah satu rasio yang sangat penting, karena
berkaitan dengan masalah trading on equity yang dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap rentabilitas modal sendiri dari perusahaan tersebut. Dalam menghitung financial leverage digunakan total tangible net worth, yaitu modal sendiri setelah dikurangi dengan intangible assets, misalnya goodwill, hak paten, biaya-biaya pra operasi dan biasanya juga dikurangi dengan biaya biaya yang dilakukan kapitalisasi, misalnya kerugian transaksi valuta asing akibat terjadinya devaluasi, dan lain sebagainya.

c. Times interest earned ratio (TIER)

Times interest earned ratio = Laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) / Biaya Bunga

Times interest earned ratio sering pula disebut sebagai “coverage ratio” yaitu suatu alat untuk mengukur seberapa jauh laba dari usaha perusahaan (laba sebelum bunga dan pajak atau sering kali disebut sebagai EBIT) dapat turun sebelum menimbulkan kesulitan bagi perusahaan untuk membayar kewajiban bunga pinjamannya.

d. Fixed charge coverage

Fixed charge coverage = (EBIT - pembayaran sewa) / (Biaya bunga - pembayaran sewa)

Rasio Fixed charge coverage lebih luas daripada TIER, karena selain bunga pinjaman dapat juga dilihat sampai seberapa jauh laba usaha perusahaan sebelum dikurangi bunga pinjaman dan pembayaran sewa (leasing), dapat diandalkan untuk melakukan pembayaran beban tetap tersebut.

Rasio Leverage

Rasio leverage (Rasio Hutang), rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa jauh aktiva perusahaan dibiayai dengan hutang atau dibiayai oleh pihak luar. Data yang dipergunakan untuk analisis leverage adalah neraca dan laporan laba rugi. Rasio leverage diantaranya adalah :

  1. Total Debt to Equity Ratio
    Rasio ini digunakan untuk mengukur bagian modal sendiri yang dijadikan jaminan untuk keseluruhan kewajiban atau hutang. Rumus untuk menghitungnya adalah hutang lancar ditambah hutang jangka pendek dibagi dengan jumlah modal sendiri.

  2. Total Debt To Total Capital Assets
    Rasio ini digunakan untuk mengukur bagian aktiva yang digunakan untuk menjamin keseluruhan kewajiban atau hutang. Rumus untuk menghitungnya adalah aktiva lancar ditambah hutang jangka panjang dibagi dengan jumlah aktiva.

  3. Long Term Debt to Equity Ratio
    Rasio ini digunakan untuk mengukur bagian dari modal sendiri yang dijadikan jaminan untuk hutang jangka panjang. Rumus untuk menghitungnya adalah hutang jangka panjang dibagi dengan modal sendiri.

  4. Tangible Assets Debt Coverage
    Rasio ini digunakan untuk mengukur besar aktiva tetap tangible yang digunakan untuk menjamin hutang jangka panjang, rumusnya adalah jumlah aktiva ditambah tangible dan hutang lancar dibagi dengan hutang jangka panjang.
    e. Times Interest Earned Ratio
    Rasio ini digunakan untuk mengukur besar jaminan keuntungan yang digunakan untuk membayar bunga hutang jangka panjang.

Referensi

Oktaviyani, R D. 2013. Pengaruh Manajemen Laba, Rasio Keuangan dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Peringkat Obligasi. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.