Apa yang dimaksud dengan ragam bahasa?


(aditya) #1

image

Dalam suatu masyarakat di dalam suatu negara, tidak semuanya berbicara dengan satu bahasa yang sama, sehingga ada ragam bahasa yang digunakan oleh masyarakat. Apa yang dimaksud dengan ragam bahasa?


(hanaaa) #2

Ragam bahasa adalah suatu istilah yang sering sekali dipakai untuk menunjukkan salah satu variasi pemakaian bahasa.

Nababan (1991) menyatakan bahwa

Istilah ragam bahasa (langue variety) mencakup bahasa yang sistemnya tergantung pada situasi dan keadaan berbahasa yaitu peristiwa berbicara, penutur-penutur bahasa, tempat berbicara, masalah yang dibicarakan, tujuan berbicara, media berbahasa (tulisan atau lisan) dan sebagainya

Dalam beberapa masyarakat ada semacam kesepakatan untuk membedakannya antara dua macam ragam bahasa yang dibedakan berdasarkan status pemakaiannya (Chaer, 2012). Yang pertama ragam bahasa tinggi (T) adalah ragam bahasa yang digunakan dalam situasi formal. Ragam ini disebut juga ragam baku atau ragam standar. Misalnya pidato, surat resmi, dan buku pelajaran.

Kedua, ragam bahasa rendah (R ) adalah ragam bahasa yang digunakan dalam situasi tidak formal. Ragam ini juga disebut ragam tidak baku atau ragam nonstandar. Misalnya di rumah atau di warung.