Apa yang dimaksud dengan Qualitative Risk Analysis?

Qualitative Risk Analysis adalah teknik manajemen proyek yang berkaitan dengan menemukan probabilitas dari peristiwa risiko yang terjadi dan dampak risiko akan terjadi jika itu terjadi. Semua risiko memiliki kemungkinan dan dampak. Dampak biasanya memengaruhi elemen proyek berikut: jadwal, anggaran, sumber daya, hasil, biaya, kualitas, ruang lingkup, dan kinerja.

Apa yang dimaksud dengan Qualitative Risk Analysis ?

Qualitative Risk Analysis adalah Ukuran relatif dari risiko atau nilai aset berdasarkan peringkat atau pemisahan ke dalam kategori deskriptif seperti rendah, sedang, tinggi; tidak penting, penting, sangat penting; atau dalam skala dari 1 hingga 10.

Qualitative Risk Analysis memberikan nilai yang diproyeksikan (biasanya nilai ini dinyatakan dalam bentuk biaya atau waktu) untuk risiko yang sudah diberi peringkat oleh proses sebelumnya ‘melakukan analisis risiko kualitatif’.

Tujuan dari melakukan analisis risiko kualitatif adalah untuk memperoleh keamanan terhadap risiko yang diakui dan untuk meningkatkan kewaspadaan manajemen, anggota tim, dan semua personel yang rentan terhadap mereka. Metode analisis risiko ini dirancang untuk mengidentifikasi masalah yang dipandang sebagai hambatan manajemen proyek, tetapi memiliki potensi untuk menjadi faktor risiko yang pasti.

Sumber :

  1. http://www.businessdictionary.com/definition/qualitative-risk-analysis.html
  2. https://www.pm-primer.com/perform-quantitative-risk-analysis/
  3. https://www.brighthubpm.com/risk-management/33403-qualitative-and-quantitative-risk-analysis/

Perform Qualitative Risk Analysis adalah suatu proses analisis resiko kualitatif dengan skala relatif atau deskriptif untuk mengukur kemungkinan atau probabilitas terjadinya resiko. Analisis risiko kualitatif memprioritaskan risiko proyek yang diidentifikasi menggunakan skala penilaian yang sudah ditentukan sebelumnya. Risiko akan dinilai berdasarkan probabilitas atau kemungkinan terjadinya dan dampak pada tujuan proyek seandainya itu terjadi.

Skala probabilitas / kemungkinan terjadi biasanya diberi peringkat pada skala nol ke satu (misalnya, 0,3 sama dengan probabilitas 30% dari peristiwa risiko yang terjadi) sedangkan skala dampak (Impact Scale) didefinisikan secara organisasional (misalnya, skala satu sampai lima, dengan lima menjadi dampak tertinggi pada tujuan proyek - seperti anggaran, jadwal, atau kualitas). Analisis risiko kualitatif juga akan menghasilkan kategorisasi risiko yang tepat, baik berbasis sumberdaya atau berbasis efek yang dihasilkan.

Contoh hasil dari Perform Qualitative Risk Analysis adalah seperti gambar dibawah ini :

risiko kualitatif

image

Analisis kualitatif risiko menurut Santosa (2009) adalah sebuah analisa yang menentukan risiko tantangan organisasi di mana penilaian tersebut dilakukan berdasarkan intuisi, tingkat keahlian dalam menilai jumlah risiko yang mungkin terjadi dan potensi kerusakannya. Analisis kualitatif dalam manajemen risiko adalah proses menilai (assesment) impak dan kemungkinan dari risiko yang sudah di identifikasi. Menurut Santosa (2009), hal - hal yang perlu diperhatikan dalam analisis ini yaitu :

  1. Risk Management Plan

  2. Risiko yang sudah diidentifikasi

  3. Status Proyek : Tingkat ketidakpastian dari suatu risiko biasanya akan bergantung pada kemajuan proyek dalam siklus hidupnya.

  4. Tipe Proyek : Proyek yang relatif baru atau baru pertama dilakukan akan mempunyai risiko - risiko yang lebih sulit diperkirakan probabilitas dan impak dan risiko - risiko yang mungkin ada.

  5. Data

  6. Skala Probabilitas dan Impact

Sumber : Santosa, Budi. 2009. Manajemen Proyek. Yogyakarta : Graha Ilmu.