Apa yang dimaksud dengan Proxy Server ?

Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien.

Apa yang dimaksud dengan Proxy Server ?

Proxy Server adalah server yang menyimpan informasi yang sering diminta (dokumen atau file) dari tempat lain dalam jaringan dan membuatnya tersedia untuk para pengguna atau dala definisi lain diartikan sebagai sebuah perantara (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien untuk mencari sumber daya dari server lain. klien A terhubung ke perantara server, meminta beberapa layanan seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya yang tersedia dari server yang berbeda. Proxy menyediakan sumber daya baik dengan menghubungkan ke server tertentu atau dengan melayani dari cache. Dalam beberapa kasus, proxy dapat mengubah permintaan klien atau respon server untuk berbagai keperluan.

Cara Kerja Proxy Server

Ketika proxy server menerima permintaan untuk sumber daya Internet (seperti halaman Web), yang terlihat dalam cache lokal dari sebelumnya halaman. Jika menemukan halaman, ia kembali ke pengguna tanpa perlu meneruskan permintaan ke Internet. Jika halaman tidak dalam cache, server proxy, bertindak sebagai klien atas nama pengguna, menggunakan salah satu IP sendiri alamat untuk meminta halaman dari server di Internet. Ketika halaman dikembalikan, server proxy menghubungkannya dengan permintaan asli dan meneruskannya ke pengguna.

Server proxy yang digunakan untuk kedua tujuan legal dan ilegal. Dalam perusahaan, server proxy yang digunakan untuk memfasilitasi keamanan, kontrol atau caching pelayanan administrasi, antara tujuan lain. Dalam konteks komputasi personal, server proxy yang digunakan untuk mengaktifkan privasi pengguna dan berselancar anonim. proxy server juga dapat digunakan untuk tujuan yang berlawanan: Untuk memonitor lalu lintas dan merusak privasi pengguna.

Untuk pengguna, server proxy tidak terlihat; semua permintaan Internet dan tanggapan kembali tampaknya langsung dengan server internet ditangani. (Proxy tidak benar-benar tak terlihat; alamat IP-nya telah akan ditentukan sebagai pilihan konfigurasi untuk browser atau program protokol lainnya.)

Sebuah server proxy dapat berada di komputer lokal pengguna, atau pada berbagai titik antara komputer dan server tujuan pengguna di Internet.

  • Sebuah server proxy yang melewati permintaan dan tanggapan yang tidak dimodifikasi biasanya disebut gateway atau kadang-kadang proxy tunneling.

  • Sebuah proxy maju adalah proxy internet menghadapi digunakan untuk mengambil dari berbagai sumber (dalam banyak kasus di mana saja di Internet).

  • Sebuah reverse proxy biasanya proxy internal menghadapi digunakan sebagai front-end untuk mengontrol dan melindungi akses ke server di jaringan pribadi. Sebuah reverse proxy umumnya juga melakukan tugas-tugas seperti load-balancing, otentikasi, dekripsi atau caching.

Kegunaan Proxy Server

Kebanyakan proxy server merupakan server web, yang mengizinkan penggunanya untuk memperoleh keuntungan di Internet. Proxy server memiliki banyak jenis sesuai dengan tujuanya, termasuk:

  • Menjaga mesin, terutama untuk keamanan komputer.[1]
  • Meningkatkan pencapailaluan ke sumber (menggunakan penembolokan). Pewali web biasanya digunakan sebagai tembolok halaman Internet dari server web.[2]
  • Menerapkan aturan pencapailaluan terhadap Internet atau isinya, mis. memblokir situs yang tak diinginkan.
  • Menyediakan pelaporan penggunaan Internet karyawan perusahaan demi pelaporan pengujian.
  • Melewati kendali keamanan/ortu.
  • Memindai perpindahan bahara bila pernah terlacak perangkat perusak sebelumya.
  • Untuk memindai bahara yang menuju keluar, misalnya untuk perlindungan data dari kebocoran.
  • Untuk menghindari pembatasan regional.

Sebuah proxy server yang melewati permintaan dan balasan yang belum diubah biasanya disebut gerbang (gateway) atau kadang disebut proxy penerowongan (tunneling proxy).
Sebuah proxy server dapat ditempatkan di komputer lokal pengguna atau pada berbagai titik antara pengguna dan server tujuan di Internet.

Sebuah proxy terbalik (reverse proxy) adalah Internet yang menghadap peladen pewali yang digunakan sebagai sisi utama untuk mengendalikan dan melindungi pencapailaluan ke peladen di jaringan pribadi, umumnya juga melakukan tugas-tugas seperti pengimbangan muatan (load balancing), dekripsi otentikasi, atau penembolokan (caching).

Daftar Pustaka :

  1. ^ “How-to”. Linux.org. The proxy server is, above all, a security device.
  2. ^ Thomas, Keir (2006). Beginning Ubuntu Linux: From Novice to Professional. Apress. A proxy server helps speed up Internet access by storing frequently accessed pages