Apa yang dimaksud dengan Prosopagnosia?

image

Prosopagnosia adalag gangguan neurologis yang ditandai dengan ketidakmampuan sebagian atau total untuk mengenali wajah. Ia juga dikenal sebagai kebutaan wajah dan sesuai dengan subtipe tertentu dari agnosia visual.

Beberapa pasien dengan prosopagnosia bahkan tidak dapat mengenali wajah mereka sendiri di foto atau saat melihat diri mereka sendiri di cermin. Seringkali, cacat pengenalan wajah disertai dengan jenis lain memahami gangguan pengenalan (mengenali mobil, bunga, hewan, dll.), meskipun kadang-kadang tampaknya relatif terbatas pada identifikasi wajah manusia. Pasien dengan prosopagnosia tahu bagaimana wajah itu (yaitu, mereka tahu bahwa wajah mencakup dua mata, hidung, dll.) Tetapi gagal dalam mengenali wajah individu.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Apa itu kebutaan wajah?

Kebutaan wajah, atau prosopagnosia, adalah kelainan otak. Ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah.

Orang dengan kebutaan wajah mungkin kesulitan melihat perbedaan wajah orang yang tidak dikenal. Orang lain bahkan mungkin kesulitan mengenali wajah yang dikenali. Diperkirakan memengaruhi sekitar 2 persen dari populasi umum.

Apa saja gejala kebutaan wajah?

Gejala kebutaan wajah yang paling umum adalah ketidakmampuan mengenali atau membedakan wajah. Hal ini dapat mempersulit pembentukan hubungan, baik dalam lingkungan pribadi maupun profesional. Mungkin sangat sulit bagi penyandang kebutaan wajah untuk mengidentifikasi seseorang yang muncul dalam lingkungan atau konteks yang berbeda dari biasanya.

Orang dengan prosopagnosia minor mungkin kesulitan membedakan atau mengidentifikasi wajah orang asing atau orang yang tidak mereka kenal dengan baik. Mereka yang mengalami kebutaan wajah sedang hingga parah mungkin kesulitan mengenali wajah orang yang sering mereka temui, termasuk anggota keluarga dan teman dekat. Pada wajah yang sangat parah, penderita kebutaan wajah mungkin tidak mengenali wajahnya sendiri. Ini dapat menyebabkan kecemasan sosial atau depresi.

Jika Anda menderita prosopagnosia, Anda tidak akan sering melupakan beberapa wajah; itu akan menjadi masalah yang terus menerus dan berulang yang tidak kunjung hilang.

Jika anak Anda mengalami kebutaan wajah, mereka mungkin:

  • menunggu Anda melambai sebelum mereka datang saat Anda menjemput mereka dari sekolah atau acara
  • mendekati orang asing dengan berpikir bahwa mereka adalah Anda, atau seseorang yang mereka kenal, padahal mereka seharusnya pergi ke orang tertentu
  • tidak mengenali orang yang dikenal, seperti tetangga, kerabat dekat, atau teman keluarga, terutama jika mereka melihat mereka di luar konteks
  • menjadi melekat atau menarik diri di tempat umum
  • mengalami kesulitan mengikuti plot karakter dalam film atau acara TV
  • mengalami kesulitan berteman
  • tampak menyendiri di sekolah, tetapi percaya diri di rumah
  • Banyak dari gejala ini dapat dikaitkan dengan hal lain, termasuk rasa malu. Bicaralah dengan dokter anak anak Anda jika Anda khawatir.

Apa penyebab kebutaan wajah?

Prosopagnosia diduga disebabkan oleh kelainan, gangguan, atau kerusakan lipatan di otak yang disebut right fusiform gyrus. Area di otak ini memainkan peran penting dalam mengoordinasikan sistem saraf yang memengaruhi memori dan persepsi wajah.

Prosopagnosia dapat disebabkan oleh stroke, cedera pada otak, atau beberapa penyakit neurodegeneratif.

Dalam beberapa kasus, orang terlahir dengan kebutaan wajah sebagai kelainan bawaan. Dalam kasus ini, tampaknya ada hubungan genetik, karena berjalan dalam keluarga.

Kebutaan wajah tidak selalu merupakan gejala standar autisme, tetapi tampaknya lebih sering terjadi pada mereka yang mengidap autisme daripada pada populasi umum. Diteorikan bahwa kebutaan wajah dapat menjadi bagian dari apa yang terkadang mengganggu perkembangan sosial orang dengan autisme.

Penting untuk diperhatikan bahwa kebutaan wajah tidak disebabkan oleh gangguan penglihatan, ketidakmampuan belajar, atau kehilangan memori. Ini adalah masalah khusus dalam mengenali wajah, bukan masalah ingatan karena gagal mengingat orang tersebut.

Bagaimana cara mengobati kebutaan wajah?

Tidak ada obat untuk kebutaan wajah. Perawatan berfokus pada membantu orang dengan kondisi tersebut menemukan mekanisme koping untuk mengidentifikasi individu dengan lebih baik.

Misalnya, Anda dapat belajar untuk fokus pada petunjuk visual atau verbal lain untuk mengidentifikasi seseorang. Ini bisa termasuk memperhatikan rambut pirang keriting mereka, tinggi badan mereka yang lebih pendek dari rata-rata, atau suara mereka. Anda mungkin juga memperhatikan tingkah laku tertentu, seperti seberapa cepat mereka berjalan.

Banyak peneliti sedang bekerja untuk memahami penyebab spesifik dari kondisi tersebut dan sedang mencari pengobatan.

Mengatasi kebutaan wajah

Kebutaan wajah dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan pribadi dan profesional. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan atau depresi sosial. Mempelajari cara mengidentifikasi orang dengan cara yang tidak mengandalkan kemampuan mengenali wajah mereka secara langsung dapat membantu.

Jika Anda mengalami kecemasan sosial atau depresi karena kebutaan wajah, berkonsultasilah dengan terapis. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan teknik lain untuk:

  • lebih baik terhubung dengan orang
  • membangun hubungan interpersonal yang lebih kuat
  • mengelola kecemasan sosial atau gejala depresi Anda
Sumber