Apa yang dimaksud dengan progesi akor musik?

image

Harmoni merupakan elemen musikal yang didasarkan atas penggabungan secara simultan dari nada-nada. Ada dua prinsip yang mendasari akor-akor, salah satunya adalah konstruksi akor. Apa yang dimaksud dengan progesi akor musik?

Akor yang paling sederhana adalah sebuah trisuara (triad) yang terdiri dari tiga nada. Trisuara dapat dibangun dengan memiliki nada apa saja dan dengan menambahkan dua atau lebih nada-nada yang ada di atasnya pada tingkat-tingkat yang mewakili tangga nada.

Trisuara-trisuara yang utama yang dibangun atas peringkat utama dari tangga nada (I, disebut tonik), peringkat ke-empat dari tangga nada (IV, disebut subdominan), dan peringkat kelima dari tangga nada (V, disebut dominan). Tambahan-tambahan trisuara-trisuara lainnya adalah (II, supertonik; III, median; VI, submedian; dan VII, leading time) yang akan membuat harmoni yang lebih menarik.

Harmoni seperti halnya dengan melodi yang memiliki ritme. Perubahan akor dapat terjadi pada jarak-jarak waktu yang teratur yang teratur atau tidak teratur karena itu menghasilkan ritme harmonik. Ritme harmonik dapat tidak terikat pada ritme harmonik.